Bumbu Khas Indonesia Siap Bersaing di Arab Saudi

Bumbu Khas Indonesia Siap Bersaing di Arab Saudi
info gambar utama

Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah memperkenalkan bumbu khas Indonesia kepada pelaku usaha hotel, restoran, dan katering di Arab Saudi.

"Kami ingin memperkenalkan bumbu khas Nusantara kepada pelaku usaha kuliner hotel, restoran, dan katering di Arab Saudi, khususnya yang menyediakan konsumsi bagi jamaah haji dan umrah. Selain itu, juga untuk menguji permintaan pasar wilayah Timur Tengah," kata Wakil Kepala ITPC Muchamad Syahran Bhakti dalam keterangan tertulis yang diterima Antara.

Produsen bumbu kemasan Indonesia tengah berupaya menembus pasar Arab Saudi, salah satunya melalui demo memasak yang bertajuk "Fun and Easy Cooking with Kokita and Pring Mas. Acara tersebut diselenggarakan di Hotel Al Badr, Kandara Dist. Jeddah.

Ikafood menawarkan berbagai bumbu-bumbu Indonesia. Foto: Majalah SWA
info gambar



Acara tersebut merupakan hasil kerja sama Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah, PT Ikafood Putramas (Kokita), PT Agro Tama Abadi (Pring Mas), dan Al Raqeb Universal Group (importir makanan Arab Saudi).

Produk bumbu PT. Ikafood Putramas (Kokita) yang diuji coba di pasar Arab Saudi adalah bumbu-bumbu berbahan dasar cabai, kunyit, kemiri, bawang putih untuk tumisan, dan bumbu dasar tanpa cabai yang kemungkinan akan dipasarkan untuk konsumsi jamaah haji dan umroh yang melarang penggunaan cabai.

Selain bumbu dasar, terdapat juga bumbu instant untuk nasi goreng, soto, kari, ayam goreng, serta aneka produk sambal seperti sambal bajak, sambal terasi, dan tauco. Produk PT. Ikafood Putramas yang telah masuk Arab Saudi saat baru sebanyak satu kontainer per bulan dan diharapkan terus meningkat.

Sedangkan untuk produk-produk PT. Agro Tama Abadi yang diuji coba di Arab Saudi diantaranya adalah bumbu rujak, bumbu pecel, sate, dan gado-gado, serta aneka sambal seperti sambal matah, sambal hijau, sambal bajak, sambal bawang, dan sambal terasi.

Bumbu Indofood. Foto: blibli.com
info gambar


Selain melalui kegiatan pengenalan produk, produsen Indonesia juga menjalin kerja sama dengan perusahaan importir lokal untuk memasuki pasar Arab Saudi.

Salah satunya dengan Al Raqeb Universal Group yang merupakan importir bahan makanan terkemuka di Arab Saudi. Dengan kerja sama ini diharapkan produk bumbu Indonesia semakin mudah menembus pasar Arab Saudi.

"Selama ini telah banyak pengusaha bumbu olahan dari Indonesia yang berusaha mengekspor produknya ke Arab Saudi, namun terkendala masalah sertifikasi dari Saudi Food and Drug Authority (SFDA). Melalui kerja sama dengan perusahaan lokal, diharapkan kendala sertifikasi akan dapat teratasi," ujar Syahran.


Sumber: Antara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini