5 Provinsi Produsen Cengkeh Tertinggi di Indonesia

5 Provinsi Produsen Cengkeh Tertinggi di Indonesia

Tanaman Cengkeh © rinnari08.blogspot.com

Indonesia adalah negara yang dikaruniai oleh berbagai macam kekayaan, termasuk kekayaan rempah, salah satunya adalah cengkeh. Data tahun 2010 menyebutkan bahwa Indonesia memiliki 456.000 hektar lahan cengkeh, dengan produksi mencapai 140.000 metrik ton.

Cengkeh adalah bunga kering yang berasal dari tanaman bernama latin syzygium aromaticum. Cengkeh sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya untuk menyehatkan jantung, karena kandungan eugenol pada cengkeh dapat berguna mencegah pembekuan darah.

Nah, kira-kira daerah mana saja ya yang menjadi produsen cengkeh tertinggi di Indonesia?

  1. Provinsi Jawa Timur

Daerah yang berada di timur pulau jawa ini telah memproduksi cengkeh sebanyak 6.807 ton. Salah satu daerah di Jawa Timur yang memproduksi tanaman cengkeh adalah Pacitan. Tanaman cengkeh di Pacitan seluruhnya dikelola oleh rakyat dengan luas areal 7.780 Ha yang tersebar di 12 kecamatan. Untuk harga cengkeh yang beredar di Pacitan adalah Rp 27.000,00/Kg.

  1. Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi paling ujung selatan di tanah Sulawesi ini telah berhasil menghasilkan 9.135 ton cengkeh. Menurut Kepala Seksi Bidang Pengelolaan Tanaman Tahunan, Dinas Perkebunan Sulsel komoditas cengkeh sangat memegang pernanan penting dalam pembangunan sektor perkebunanan dan perekonomian di Sulsel. Dinas perkebunan Sulsel juga sudah banyak melakukan pembinaan swadaya pengembangan tanaman cengkeh di beberapa kabupaten sentra penghasil cengkeh, yaitu Kabupaten Luwu, Bulukumba, Sinjai, Wajo, Bone, Enrekang, dan Tator.

  1. Provinsi Maluku

Salah satu provinsi yang berada di ujung timur Indonesia telah berhasil menjadi produsen tertinggi di tanah air, yaitu sebesar 11.730 ton. Bahkan boleh dibilang bahwa cengkeh adalah jati diri orang Maluku, karena telah meninggalkan jejak dalam kebudayaan setempat. Ada salah satu jenis tanaman cengkeh yang tumbuh subur dan merupakan jenis cengkeh terbaik dibandingkan jenis cengkeh yang lainnya yaitu jenis cengkeh tuni yang berharga Rp 125.000,00/Kg

  1. Provinsi Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara tak hanya terkenal dengan Pantai Wakatobinya tetapi juga dengan produksi cengkeh. Buktinya saja Sultenggara berhasil memproduksi 6.688 ton cengkeh. Salah satu daerah yang menghasilkan cengkeh terbaik adalah Kabupaten Tolitoli. Menurut Kepala Seksi Usaha dan Sarana Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng Rudi Zulkarnain luas areal perkebunan cengkeh di seluruh Provinsi Sulteng mencapai kurang lebih sekitar 34 ribu Hektare (Ha). Sementara luas luas lahan yang disediakan untuk lahan cengkeh di Kabupaten Tolitoli ini mencapai 24.794 Ha, yang terdiri dari 23.299 Ha untuk tanaman muda yang menghasilkan, dan yang kedua seluas 1995 Ha untuk tanaman tua/rusak, namun masih dapat menghasilkan.

  1. Provinsi Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah telah berhasil memproduksi 7.861 ton cengkeh. Harga cengkeh kering di Sulawesi Tengah adalah berkisar Rp 90.000/Kg. salah satu daerha penghasil cengkeh terbaik di Sulawesi Tengah adalah Kabupaten Totiloli.

Sumber : Pacitan.com Pindai.org Liputan6.com

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih6%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli10%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi8%
Pilih TerpukauTerpukau9%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ada Fenomena Langka 'Supermoon' Sekaligus Gerhana Bulan di Indonesia, Catat Waktunya! Sebelummnya

Ada Fenomena Langka 'Supermoon' Sekaligus Gerhana Bulan di Indonesia, Catat Waktunya!

FOUNDER RUANG INOVASI PACU SEMANGAT MAHASISWA BARU IAIN TULUNGAGUNG Selanjutnya

FOUNDER RUANG INOVASI PACU SEMANGAT MAHASISWA BARU IAIN TULUNGAGUNG

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.