Perusahaan Pembuat Kereta Andalan Indonesia Bakal Buka Pabrik Baru di Banyuwangi

Perusahaan Pembuat Kereta Andalan Indonesia Bakal Buka Pabrik Baru di Banyuwangi
info gambar utama
Perusahaan milik negara yang bergerak di industri strategis, Pabrik PT INKA (Persero) akan semakin meningkatkan kapasitas produksinya. Seiring dengan terus tumbuhnya industri transportasi kereta di Indonesia, PT INKA bakal membuka pabrik baru di kota Banyuwangi.

Sebagaimana diberitakan detikFinance akhir Desember yang lalu, Pelaksana Tugas Dirut PT INKA, Mohamad Nur Sodiq menjelaskan bahwa pembangunan pabrik baru tersebut akan dimulai dengan target tahun 2019 sudah dapat dioperasikan. "Tahun ini pengadaan tanah (2017), tahun depan untuk konstruksi pabriknya. Jadi pabrikan INKA, pabrik utama ada di Madiun, satu lagi di Banyuwangi. Kita harapkan awal 2019 sudah siap berproduksi," ujar Sodiq.

Ia pun menjelaskan bahwa pembangunan pabrik kedua ini diharapkan akan bisa memaksimalkan potensi INKA untuk memproduksi kebutuhan kereta api domestik maupun luar negeri. Sebab kapasitas produksi kereta di pabrik madiun sudah berlebih, sehingga INKA membutuhkan pabrik baru. Nantinya pabrik yang terletak di ujung timur pulau Jawa itu akan menjadi pabrik kereta yang berbahan dasar stainles steel dan aluminium.

"Kapasitas produksi jadi tantangan untuk menghadapi berbagai pesanan. Kemampuan harus ditingkatkan dan solusinya dengan pembangunan pabrik baru," ungkap Sodiq.

Saat ini kemampuan produksi INKA telah mampu menghasilkan 3 kereta dalam dua hari. Namun kecepatan tersebut dinilai belum cukup, sebab INKA mendapatkan banyak pesanan dari pasar domestik maupun luar negeri. "Hari ini kita bisa hasilkan 1,5 car per day. Itu dengan spesifikasi terberat, jadi rata-rata 1,5 car per day. Yang 1,5 car itu juga akan kita tingkatkan ke 3 car per day," jelas Sodiq.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2017 INKA berhasil mengekspor 300 gerbong kereta untuk negara Bangladesh. Selain Bangladesh, negara Zambia pun turut memperayakan INKA sebagai produsen kereta untuk negara di benua afrika timur tersebut. Dan tahun 2018 ini, INKA rencananya akan mengekspor kereta ke negara Filipina. Sementara di dalam negeri, INKA dipercaya untuk membuat berbagai kereta bandara seperti Kereta Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo dan Kereta Bandara Internasional Minangkabau serta untuk kereta pekan olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini