Mobilitas masyarakat yang menggunakan tranportasi pesawat di Indonesia tampaknya meningkat pesat. Hal ini terlihat dari data yang belum lama ini dilansir oleh PT Angkasa Pura II (persero) yang mengungkap bahwa sepanjang tahun 2017 jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai 63.015.620 penumpang.

Sebagaimana diberitakan detikFinance (7/1), Executive General Manager Kantor Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Suriawan Wakan menjelaskan bahwa jumlah tersebut mengalami peningkatan 8% dibandingkan dengan tahun 2016 yang hanya mencapai 58.195.484 penumpang.

Peningkatan pesat terjadi pada penumpang rute internasional yang mencapai 12% dibandingkan tahun 2016. Jika pada tahun 2016 penumpang internasional sebanyak 13.131.035 penumpang, di tahun 2017 jumlah penumpang menyentuh angka 14.718.973 penumpang. Sementara pada penumpang domestik mengalami kenaikan sebesar 7% menjadi 48.295.647 penumpang dibandingkan tahun 2016 yang hanya berjumlah 45.064.449 penumpang.

Begitu juga dengan peningkatan jumlah aktifitas pesawat, total lalu lintas pesawat pada tahun 2017 mengalami peningkatan pesat hingga mencapai 8% dibandingkan 2016. Dari sebelumnya 413.781 pergerakan pesawat, menjadi 447.390 pergerakan.

"Ini terjadi kerena seiring dengan implementasi program smart airport yang terus berkelanjutan sehingga membuat efisiensi dan efektifitas operasional semakin meningkat," jelas Wakan.

Beberapa program smart airport tersebut diantaranya adalah digitalisasi pelayanan-pelayanan bandara. Seperti melalui aplikasi ponsel pintar untuk membantu penumpang melakukan check-in.

Wakan pun menjelaskan pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang masif seperti seperti revitalisasi Terminal 1, 2 dan pembangunan Terminal 3 turut menyumbang terjadinya lonjakan penumpang untuk memilih moda transportasi udara. "Kehadiran sektor penunjang pun, dengan beroperasinya layanan transportasi kereta layang (skytrain) dan kereta bandara dapat mentransformasi interaksi para penumpang di Bandara Soekarno-Hatta," ungkapnya.

Jumlah penumpang yang mencapai 60 juta merupakan sebuah pencapaian tersendiri sebab di tingkat Asia hanya ada enam bandara yang berhasil melampaui angka ini yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Internasional Suvarnabhumi di Thailand, Bandara Internasional Changi di Singapura, Bandara Internasional Indira Gandhi di India, Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan, dan Bandara Internasional Baiyun Guangzhou di Tiongkok. Sehingga otomatis di tingkat Asia Tenggara Bandara Internasional Soekarno-Hatta masuk dalam daftar tiga bandara dengan penumpang diatas 60 juta. Sementara Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia diperkirakan juga akan mampu mencapai angka yang sama dalam waktu dekat.

Sementara beberapa bandara lain yang lebih dahulu telah mencapai lebih dari 60 juta di Asia antara lain adalah Bandara Internasional Shanghai Pudong dan Bandara Internasional Beijing Capital di Tiongkok, Bandara Internasional Hong Kong, Bandara Internasional Tokyo di Jepang dan Bandara Internasional Dubai di Uni Emirat Arab.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu