Berlibur Sambil Menyelamatkan Hiu

Berlibur Sambil Menyelamatkan Hiu
info gambar utama

Bagaimana jika kamu bisa berlibur sambil menyelamatkan hiu dan membantu nelayan lokal?

Kathy Xu menjalankan bisnis ekowisata The Dorsal Effect di Lombok di mana para wisatawan dapat menikmati lokasi snorkelling indah sambil melihat hiu di lingkungan aslinya.

Nelayan di Lombok. Foto: Our Better World
info gambar

Berkat nelayan lokal sebagai pemandu wisata, para wisatawan dapat mengunjungi lokasi terpencil yang menakjubkan, jauh dari kawasan wisata bisa.

“Tempat yang kau akan datangi tidak dapat kamu cari di panduan the Lonely Planet atau Google,” kata Kathy pada Our Better World, program kisah inspiratif dari Singapore International Foundation.

“Saya kehabisan kata-kata, tempat ini seperti surga dunia,” kata salah seorang wisatawan.

The Dorsal Effect. Foto: Our Better World
info gambar

The Dorsal Effect merupakan wisata alam berkelanjutan untuk membantu menyelamatkan hiu dengan melibatkan nelayan lokal. Pendapatan yang didapatkan dari bisnis wisata tersebut mengalihkan kegiatan nelayan lokal dari perburuan hiu.

Kathy sadar bahwa menangkap hiu merupakan cara nelayan lokal untuk bertahan hidup karena tidak ada alternatif mata pencaharian lain. Namun, seiring berjalannya waktu, para nelayan semakin kesulitan karena populasi hiu semakin berkurang.

Kathy memulai bisnis ekowisata ini untuk menjadi program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, sekaligus menyelamatkan alam.

“Saya terus mendorong mereka, tanpa memaksa, untuk menghasilkan uang dari ekowisata,” kata Kathy.

Ia menambahkan, “Ketika saya melihat para nelayan itu membantu para wisatawan atas kemauan sendiri, saya tahu mereka telah mempunyai rasa memiliki atas program ini.”

Wisata bersama The Dorsal Effect. Foto: Our Better World
info gambar

Ke depannya, ia berharap lebih banyak orang yang menikmati keindahan alam di Lombok sambil belajar tentang penangkapan ikan yang berkelanjutan, lebih banyak hiu yang dilindungi, serta kehidupan laut yang kian terjaga.

Dengan setiap wisatawan yang datang, ia semakin yakin impiannya akan terwujud.

Rencanakan liburanmu bersama The Dorsal Effect, dan jadi bagian dari penyelamatan ikan hiu! https://thedorsaleffect.com/

A story by Our Better World – telling stories of good to inspire action.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini