Berlibur Sambil Menyelamatkan Hiu

Berlibur Sambil Menyelamatkan Hiu

The Dorsal Effect © Our Better World

Bagaimana jika kamu bisa berlibur sambil menyelamatkan hiu dan membantu nelayan lokal?

Kathy Xu menjalankan bisnis ekowisata The Dorsal Effect di Lombok di mana para wisatawan dapat menikmati lokasi snorkelling indah sambil melihat hiu di lingkungan aslinya.

Nelayan di Lombok. Foto: Our Better World
Nelayan di Lombok. Foto: Our Better World

Berkat nelayan lokal sebagai pemandu wisata, para wisatawan dapat mengunjungi lokasi terpencil yang menakjubkan, jauh dari kawasan wisata bisa.

“Tempat yang kau akan datangi tidak dapat kamu cari di panduan the Lonely Planet atau Google,” kata Kathy pada Our Better World, program kisah inspiratif dari Singapore International Foundation.

“Saya kehabisan kata-kata, tempat ini seperti surga dunia,” kata salah seorang wisatawan.

The Dorsal Effect. Foto: Our Better World
The Dorsal Effect. Foto: Our Better World

The Dorsal Effect merupakan wisata alam berkelanjutan untuk membantu menyelamatkan hiu dengan melibatkan nelayan lokal. Pendapatan yang didapatkan dari bisnis wisata tersebut mengalihkan kegiatan nelayan lokal dari perburuan hiu.

Kathy sadar bahwa menangkap hiu merupakan cara nelayan lokal untuk bertahan hidup karena tidak ada alternatif mata pencaharian lain. Namun, seiring berjalannya waktu, para nelayan semakin kesulitan karena populasi hiu semakin berkurang.

Kathy memulai bisnis ekowisata ini untuk menjadi program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, sekaligus menyelamatkan alam.

“Saya terus mendorong mereka, tanpa memaksa, untuk menghasilkan uang dari ekowisata,” kata Kathy.

Ia menambahkan, “Ketika saya melihat para nelayan itu membantu para wisatawan atas kemauan sendiri, saya tahu mereka telah mempunyai rasa memiliki atas program ini.”

Wisata bersama The Dorsal Effect. Foto: Our Better World
Wisata bersama The Dorsal Effect. Foto: Our Better World

Ke depannya, ia berharap lebih banyak orang yang menikmati keindahan alam di Lombok sambil belajar tentang penangkapan ikan yang berkelanjutan, lebih banyak hiu yang dilindungi, serta kehidupan laut yang kian terjaga.

Dengan setiap wisatawan yang datang, ia semakin yakin impiannya akan terwujud.

Rencanakan liburanmu bersama The Dorsal Effect, dan jadi bagian dari penyelamatan ikan hiu! http://thedorsaleffect.com/

A story by Our Better World – telling stories of good to inspire action.

Pilih BanggaBangga23%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang8%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi15%
Pilih TerpukauTerpukau54%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Puas Dengan Karya Indonesia, Negara Ini Bakal Beli Kembali Pesawat Buatan PTDI Sebelummnya

Puas Dengan Karya Indonesia, Negara Ini Bakal Beli Kembali Pesawat Buatan PTDI

Inilah Lele Berwarna Pink Dari Jepara Selanjutnya

Inilah Lele Berwarna Pink Dari Jepara

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

Indah graduated from MSc Development Administration and Planning from University College London, United Kingdom in 2015. She finished bachelor degree from International Relations from University of Indonesia in 2014, with two exchange programs in Political Science at National University of Singapore and New Media in Journalism at Ball State University, USA. She was awarded Diplomacy Award at Harvard World Model United Nations and named as Indonesian Gifted Researcher by Australian National University. She is an Editor at Bening Communication, previously worked at the Commonwealth Parliament Association UK and a diplomacy consulting firm Best Delegate LLC in USA.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.