Wow! Bank Indonesia Kini Buka Kantor Perwakilan Di China

Wow! Bank Indonesia Kini Buka Kantor Perwakilan Di China
info gambar utama

Bank Indonesia memiliki tugas yang penting, yaitu menjaaga stabilitas sistem keuangan. Sebagai bank sentral negara, Bank Indonesia terus berinovasi bagi Indonesia. Bank Indonesia kini kembali mengehmpaskan sayapnya sampai ke negeri China.

Bank Indonesia (BI) dan Bank sentral China telah menandatangani kesepakatan pendirian kantor cabang di Kota Beijing, China pad atanggal 5 Januari 2018 yang lalu. Kesepakatan yang dibuat oleh Bank Indonesia merupakan sebuah tonggak sejarah dalam hubungan bilateral kedua bank sentral di dua negara.

Pendirian kantor perwakilan akan dimulai sesuai dengan kesepakatan yang telah ditandatangani oleh Gubernur BI Agus DW Martowardojo dan Gubernur Bank Sentral China (PBoC) Zhou Xiachuan. Dengan pendirian kantor perwakilan di China membuktikan bahwa semakin pentingnya peran China dalam perekonomian global dan kawasan, termasuk bagi Indonesia.

Agus berharap agar kantor perwakilan BI di China akan semakin mengoptimalkan hubungan ekonomi dan keuangan antara China dan Indonesia dan meningkatkan pemahaman tentang perkembangan dan kebijakan ekonomi dan keuangan di China, serta implikasinya bagi Indonesia.

Selain itu kantor perwakilan juga akan memiliki peran penting, yaitu sebagai pintu utama dan penghubung anatar BI dan PBoC, badan pemerintah China dan para pelaku pasar keuangan di China.

Ternyata kantor perwakilan BI tak hanya di China saja, tetapi juga ada di empat negara lain, yaitu jepang, singapura, inggris dan Amerika Serikat.


Sumber: cnnindonesia.com kompas.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini