Stadion Gelora Bung Karno Kini Punya Wajah Baru

Stadion Gelora Bung Karno Kini Punya Wajah Baru
info gambar utama

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia besok (14/1) akan melaksanakan pertandingan persahabatan dengan Islandia. Untuk menyambut pertandingan itu sekaligus Asian Games XVIII tahun 2018 ini pemerintah merombak wajah Stadion Bung Karno.

“Renovasi Stadion Gelora Bung Karno sudah seratus persen selesai dan siap digunakan untuk Asian games mendatang,” ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Stadion gelora Bung Karno kini berkapasitas 76.000 penonton kualitas kursi yang lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. "Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme. Stadion ini juga sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan, yakni dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong," tulis Jokowi lewat akun Facebook resminya.

Stadion Gelora Bung Karno juga sekaligus mendapat tambahan pergantian lampu Light Emmitting Diode (LED). Level penerangan SUBK yang tadinya hanya sebesar 1200 lux kini ditingkatkan hingga 3500 lux. Stadion ini juga telah menerima pasokan lampu LED sebanyak 640 buah.

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Islandia besok juga merupakan laga uji coba lapangan Stadion Gelora Bungkarno.

"Stadion ini betul-betul mengalami perubahan yang signifikan dari eksterior maupun interior," kata Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK, Gatot Tetuko.

Selain pertandingan Timnas Indonesia melawan Islandia, besok Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga akan meresmikan Stadion Gelora Bung Karno.

"Dari segi pencahayaan, ini salah satu yang terbaik di dunia saat ini. Sistem pencahayaan GBK terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO. Dengan tata suara seperti itu, lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' yang dinyanyikan pada upacara pembukaan nanti akan terdengar lebih dramatis," ujarnya memuji.


Sumber: Detik.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini