Bangga! Pindad Kirim Tank Untuk Misi Perdamaian PBB di Afrika Tengah

Bangga! Pindad Kirim Tank Untuk Misi Perdamaian PBB di Afrika Tengah

© itoday.co.id

Produk hasil industri strategis Indonesia kembali berperan di tingkat. Kali ini produk PT Pindad berupa panser Anoa bakal digunakan pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk misi MINUSCA (Multidimensional Integrated Stabilization Mission in Central Africa Republic).

Sebagaimana diberitakan Tribun Lampung (10/1) terdapat 29 unik panser Anoa yang dikirimkan oleh PT Pindad untuk PBB. Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose menjelaskan bahwa misis MINUSCA bukan satu-satunya misi perdamaian yang menggunakan panser Anoa buatan Indonesia. Misi lain seperti UNIFIL di Lebanon dan UNAMID di Sudan juga telah menggunakan panser Anoa. Sehingga total terdapat 80 unit panser Anoa yang terlibat dalam misi perdamaian PBB.

Panser Anoa merupakan panser pertama yang berhasil dibuat oleh Indonesia lewat PT Pindad. Panser yang pertama kali dikenalkan sejak tahun 2008 ini untuk pertama kali muncul dalam misi perdamaian pada tahun 2010. Saat itu panser Anoa digunakan oleh Kontingen Garuda XXIII di Lebanon.

Beberapa kehebatan yang dmiliki oleh panser Anoa diantaranya adalah panser ini mampu bertahan dari peluru kinetis Armour Piercing standar NATO. Ketahanan ini diperoleh dari teknologi STANAG tingkat 3. Selain bertahan dari peluru, panser ini juga mampu bertahan dari ranjau darat. Tidak hanya mumpuni dalam bertahan, panser Anoa juga hebat dalam hal sistem persenjataan. Panser ini dapat dilengkapi dengan senjata kaliber 12,7 mm ataupun 7,62 mm dan juga pelontar granat 40 mm.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, panser Anoa rupanya menarik perhatian beberapa negara. Sejauh ini beberapa negara yang telah membeli panser Anoa adalah Malaysia, Brunei Darussalam, dan Oman.

Pilih BanggaBangga95%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang3%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Tahun 2018 Metode Belajar Melalui e-Learning di Indonesia Meningkat Pesat Sebelummnya

Tahun 2018 Metode Belajar Melalui e-Learning di Indonesia Meningkat Pesat

Atlet Panjat Tebing Asal Solo Harumkan Indonesia di Eropa Selanjutnya

Atlet Panjat Tebing Asal Solo Harumkan Indonesia di Eropa

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.