Kapal Selam Buatan PT PAL Untuk TNI Bakal Selesai Tahun Ini

Kapal Selam Buatan PT PAL Untuk TNI Bakal Selesai Tahun Ini
info gambar utama
Alat utama sistem pertahanan (alutsista) militer Indonesia terus ditingkatkan kapasitas dan kualitasnya. Rencananya tahun ini, TNI akan menerima dua kapal selam buatan PT PAL. Kapal selam ini merupakan teknologi hasil kerja sama antara Indonesia dengan Korea Selatan melalui PT PAL dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

Diberitakan oleh Tempo.co (9/1), kapal selam yang dibuat PT PAL merupakan satu kapal selam dari tiga kapal selam yang merupakan hasil kerjasama. Dua kapal selam lainnya dibuat di Korea Selatan dan satu telah digunakan oleh TNI AL pada tahun 2017 yang lalu. Kapal selam baru tersebut diberi nama KRI Nagapasa 403.

Direktur Utama PT PAL, Budiman Saleh menjelaskan, "Pertama Nagapasa sudah operasional di Indonesia, yang kedua segera dikirim dari Korea. Dan yang ketiga sedang dibuat di PT PAL."

Budiman pun menjelaskan bahwa kapal selam yang dikerjakan PT PAL akan selesai tahun ini. "Juli kita harapkan sudah selesai. Dua bilan ini kita lakukan pemasarngan battery, instalasi. Masih ada 5 proses tahapan lagi. Tahun 2018 selesai. Proses penyambungan dan pengelasan sangat-sangat teliti, zero defect dan zero reject. Sedangkan pengalaman di Korea Selatan itu dalam proses penyambungan 20 sampai 25 persen itu rejection." ujarnya.

Ia pun menjelaskan bahwa seluruh proses pembuatan kapal selam ini dilakukan secara presisi. "Instalasi barang-barang komponen elektronik dan equipment itu sangat gampang dan mudah. Kita bisa ikuti manual pemasangan komponen. Tapi pada saat penyambungan itu, bentuk dari kapal selam tidak boleh mengalami deformasi. Itu sangat krusial," jelas Budiman.

PT PAL sendiri masih memiliki keinginan untuk mampu mengembangkan kapal selam dari nol. Namun saat ini waktunya belum tepat karena keuangan negara masih belum memungkinkan. "Kita juga ingin mengajukan permohonan pada pemerintah agar bisa melakukan whole production," ungkap Budiman.

Indonesia sendiri saat ini memiliki tiga kapal selam yang beroperasi yakni KRI Cakra 401, KRI Naggala 402 yang merupakan buatan Jerman. Sementara KRI Nagapasa 403 merupakan kapal selam terbaru buatan Korea Selatan. Sedangkan dua yang dinanti-nantikan akan diberi nama KRI Ardedali 404 dan KRI Alugoro 405.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini