Samantha Gunawan, Petani Perempuan Milineal

Samantha Gunawan, Petani Perempuan Milineal
info gambar utama

Samantha Gunawan adalah seorang sosok perempuan berusia 27 tahun. Ia adalah seorang sarjana teknik, lulusan jurusan Teknik Industri dari Universitas Purdue Indiana, Amerika Serikat.

Samantha kini menjalani bisnis yang dimilikinya sendiri yaitu Blueboots Farm.

Blueboots Farm adalah sebuah bisnis pertanian. Ya, ia kini adalah seorang petani perempuan generasi millineal. Kini ia mengolah lahan pertaniannya yang berada di Bogor, Jawa Barat bersama para petani lokal. Satu hal mimpi yang dimiliki Samantha bagi petani Indonesia adalah: petani Indonesia dapat menyediakan makanan sehat dan bergizi cukup bagi keluarganya.

A post shared by Organic Farm To Products (@bluebootsfarm) on

Perempuan ini mulai mencintai dunia pertanian saat ia mulai magang di Javara (perusahaan yang memasarkan produk organik dari para petani di seluruh Indonesia) pada tahun 2014 silam.

Akhirnya pada tahun 2015 ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan mendirikan pertanian. Salah satu motivasi yang membuat ia terjun ke dunia pertanian adalah perjumpaannya dengan beberapa petani lokal dan mendengarkan beberapa permasalahan yang dihadapi mereka.

”Tidak dapat diterima akal bahwa orang-orang yang paling pekerja keras di negara ini adalah yang termiskin di negara ini!” kata Samantha

Menurutnya yang menjadi tantangan adalah, bagiamana petani bisa mengolah pertanian dengan cara ramah lingkunganm dan akan menghasilkan sayuran-sayuran organik yang dapat aman dikonsumsi nantinya.

Fokusnya menjadi petani adalah ia dapat membuat produk seiap saji yang bergizi dan lezat seperti selai organik dan keripik. Selai kacang dan kripik aneka ubi yang dimaksud Samantha dapat ditengok di laman Blueboots.farm. Tersedia pula tepung moringa (daun kelor) dan pandan yang dikemas menarik, bahkan menjadi sebuah hantaran.

Tak hanya pertanian, ternyata pada tahun 2016 lalu, Samantha juga mendirikan peternakan, dan kotoran dari ternaknya dapat dijadikan pupuk kandang.

Samantha percaya bahwa bisnis pertanian yang dikelolanya sekarang akan berkembang nantinya dan Blueboots Farm bisa membantu kesejahteraan petani di sekitarnya.

Bagi kawan GNFI yang ingin melihat pertanian Samantha, kawan GNFI dapat mengaksesnya di laman Blueboots.farm dan juga bisa mengikuti akun Instagram Blueboots.farm.


Sumber:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini