Berapa Lama Orang Indonesia Mengunjungi Situs E-commerce?

Berapa Lama Orang Indonesia Mengunjungi Situs E-commerce?
info gambar utama

Laporan Digital In 2017 Growth Overview menyatakan secara statistik, masyarakat Indonesia menghabiskan waktu sekitar 3 jam 16 menit per hari untuk media sosial.

Jika masyarakat Indonesia menghabiskan waktu begitu banyak untuk berselancar di media sosial, berapakah waktu yang digunakan masyarakat untuk mengunjungi toko online?

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan penggunaan internet tercepat selama tahun 2017. Dari laporan ini kemudian memunculkan pertanyaan, dari jumlah pertumbuhan itu apakah orang Indonesia menggunakannya dalam bertransaksi online?

Situs agregator e-commerce, iPrice, melakukan riset dengan menggumpulkan data “Time on Site” dari SimilarWeb yang menghitung waktu kunjungan dari 30 toko online yang beroperasi di Indonesia. Daftar toko online ini berasal dari data Peta Persaingan E-commerce Indonesia .

Data dari 30 toko online tersebut, kami menemukan rata-rata konsumen Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 4 menit 9 detik dalam sekali kunjungan ke situs belanja online.

Riset ini juga menunjukkan toko online Shopee, Mapemall, dan Berrybenka mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di situs mereka selama lebih dari 5 menit. Rata-rata waktu kunjungan Shopee adalah 9 menit 34 detik, Mapemall sebanyak 8 menit 2 detik, dan Berrybenka menyusul di bilangan 6 menit 39 detik.

Rata-rata waktu kunjungan pengguna (average time on site) sering digunakan untuk mengukur seberapa bagus konten yang terdapat dalam sebuah website. Tidak heran kan bila masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan 3 jam lebih dalam satu hari untuk bermain media sosial. Hal ini dikarenakan konten-konten menarik yang selalu disuguhkan oleh platform tersebut.

Search engine Bing menyatakan rata-rata waktu kunjungan website dianggap baik jika pengguna menghabiskan waktu paling tidak semenit atau dua menit. Waktu kunjungan di bawah satu menit menandakan situs tersebut tidak memberikan konten yang pengguna inginkan. Sedangkan waktu kunjungan melebihi dua menit dianggap sangat baik (outstanding) karena tanda pelanggan mengonsumsi konten dalam waktu yang lama.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini