Karya Anak Bangsa Ini Jadi Moda Transportasi Masa Depan Bandung

Karya Anak Bangsa Ini Jadi Moda Transportasi Masa Depan Bandung

Light Rail Transit (LRT) Kota Bandung © g i.ytimg.com

Kota-kota metropolitan di Indonesia selalu berinovasi setiap tahunnya. Sebagai contohnya, DKI Jakarta akan ketambahan moda transportasi baru tahun depan, yaitu Mass Rapid Transit (MRT). Dalam hal ini, Kota Bandung juga tak mau ketinggalan.

Kota Bandung akan segera memiliki moda transportasi baru, yaitu Light Rail Transit (LRT). Yang membangakan adalah LRT Bandung ini karya anak bangsa sendiri.

"Metro kapsul didesain insinyur dari ITB dan beberapa universitas lain. Proses perancangan dilakukan di dalam negeri. Komponennya pun dibuat di dalam negeri, kecuali motor listrik dan baterai," ungkap Leonnardo Fenerri pekerja dari PP infarstuktur seperti yang dilansir dari BBC Indonesia.

Tak hanya itu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga menggandeng PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun untuk merintis kegiatan rancang bangun monorel. Untuk itu, BPPT juga mendorong penguasaan teknologi PT Inka demi kenaikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk urusan perkeretaan nasional.

Namun tenang saja, 95 persen komponen kereta ini adalah buatan dalam negeri. Satu gerbong Metro kapsul ini berukuran panjang 9 meter, lebar 2 meter dan tinggi 4 meter. Satu lagi yang membuat metro kapsul ini menjadi ciri khas Kota Bandung adalah warnanya yang biru, seperti warna seragam tim kesepakbolaan Kota Bandung yaitu Persib.

Hampir semua komponen Metro Kapsul ini dibuat di dalam negeri, kata Tauhid Kurniawan direktur teknik PT PP Infarstruktur, kecuali motor listrik dan baterai, yang dirancang di Bandung tapi diproduksi di Eropa

"Total seluruh kota Bandung mungkin 40km. Tapi suatu hari ia akan menghubungkan penumpang ke Jatinangor, ke Soreang, ke mana-mana," kata Walikota Bandung Ridwan Kamil.

"Jadi kita tes dulu respon masyarakat apa di 6km dulu. Tapi yang urgen nanti tahap dua, menghubungkan Leuwi Panjang sampai ke terminal kereta api cepat Jakarta-Bandung," tambahnya.

Kalau yang sekarang lagi main di Alun-Alun Bandung pasti sudah lihat contoh armada Metro Kapsul yang nantinya akan beroperasi di Kota Bandung. . Metro Kapsul atau Light Rail Transit (LRT) ini diproyeksikan sebagai angkutan umum alternatif untuk mengurai kemacetan yang terjadi di tengah kota. . Nantinya, rute dari LRT ini akan membentang sepanjang 6 KM mulai dari Stasiun Bandung melewati Pasar Baru, Jl. Dalem Kaum, Tegalega hingga kembali lagi ke Stasiun Bandung. . Rute yang dilintasinya banyak mencakup berbagai tempat wisata dan belanja di Kota Bandung. Nah untuk Anda yang nantinya berwisata ke Bandung, berkeliling dan berbelanja dengan LRT tentunya akan menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Semoga pembangunan proyek LRT ini berjalan dengan lancar 😉. . Data by Humas Kota Bandung

A post shared by Panduan Wisata Bandung (@yourbandung) on

Keunggulan lainnya dari Metro Kapsul, Tauhid menambahkan, adalah bisa membelok seperti mobil. Ini karena Metro Kapsul memiliki delapan ban karet dan desainnya memberikan fleksibilitas sehingga dapat belok dengan radius 15 meter. Fitur tersebut memungkinkan Metro Kapsul bergerak luwes di jalanan kota dengan banyak tikungan.


Sumber: Kompas.com, BBC Indonesia

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Dua Wakil Indonesia Raih Penghargaan di Ajang UNWTO 2018 Sebelummnya

Dua Wakil Indonesia Raih Penghargaan di Ajang UNWTO 2018

10 Kota Ramah Vegan di Dunia Versi The Vegan Word Selanjutnya

10 Kota Ramah Vegan di Dunia Versi The Vegan Word

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.