Inilah Jenis-Jenis Becak yang Dapat Kalian Temui di Indonesia, Sudah Pernah Naik?

Inilah Jenis-Jenis Becak yang Dapat Kalian Temui di Indonesia, Sudah Pernah Naik?

Becak Jawa, salah satu jenis becak di Indonesia © liemp.deviantart.com

Salah satu transportasi umum yang cukup dikenal di Indonesia adalah Becak. Sejarahnya yang begitu panjang menjadikannya melekat di kehidupan masyarakat. Becak di setiap daerah juga memiliki ciri khas yang berbeda-beda, begitu pula dengan nama-namaya. Berikut adalah berbagai jenis becak yang ada di berbagai daerah di Indonesia:

Becak Jawa:

Becak Jawa | Sumber: oomph.co.id
Becak Jawa | Sumber: oomph.co.id

Becak Jawa adalah jenis becak yang paling dikenal oleh masyarakat umum. Karakteristik dari Becak Jawa adalah posisi pengemudi yang berada dibelakang kursi penumpang yang mampu menampung 2 orang. Becak Jawa memiliki cara kerja yang sama dengan sepeda pada umumnya, yaitu dikayu. Becak ini hingga kini masih dapat kita temui di berbagai kota di Indonesia.

Becak Siantar

Becak Siantar | Sumber: becaksiantar.com
Becak Siantar | Sumber: becaksiantar.com

Becak ini berasal dari Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Kendaraan umum ini begitu unik, karena menggunakan sepeda motor sebagai tenaga utamanya. Motor dengan merk Birmingham Small Arms yang merupakan pabrik sepeda motor terbesar di dunia di abad ke-19 ini dimodifikasi dengan memberikan kursi penumpang di sebelah kanan. Becak Siantar menjadi sebuah trend di tahun 1900-an, namun kini Becak Siantar sudah jarang ditemui bahkan masuk ke benda-benda peninggalan bersejarah.

Becak Dayung

Becak Dayung | Sumber: a.okeinfo.net
Becak Dayung | Sumber: a.okeinfo.net

Bertetangga dengan Becak Siantar, becak ini banyak digunakan di Medan, Sumatera Utara. Bentuk dari Becak Dayung sekilas memiliki kemiripan dengan Becak Siantar, hanya saja masih menggunakan sepeda dan tenaga manusia. Denga kedekatan geografis yang dimiliki, becak ini juga banyak ditemui di Singapura dan Malaysia.

Becak Makassar

Becak Makassar | Sumber: peterloud.co.uk
Becak Makassar | Sumber: peterloud.co.uk

Sesuai namanya, becak ini banyak ditemui di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Becak Makassar cukup berbeda dengan becak lainnya, karena hanya bisa ditumpangi oleh satu orang saja. Hadirnya becak ini begitu dihargai oleh masyarakat disana, hingga kemudian Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengadakan penyuluhan bagi pengemudi Becak Makassar untuk dilatih berkomunikasi dengan baik ketika melayani wisatawan.

Becak Motor Gorontalo

Becak Motor | Sumber: rizkiamelia0893.wordpress.com
Becak Motor | Sumber: rizkiamelia0893.wordpress.com

Transportasi khas Gorontalo ini menggunakan mesin sepeda motor sebagai tenaga utamanya. Jika Becak Siantar menggabungkan sepeda motor dengan becak, becak ini hanya memindahkan mesin motor bebek ke belakang kursi penumpang. Keunikan dari Becak Motor Gorontalo adalah kapasitas penumpangnya yang bisa mencapai 5 orang!

Becak Motor Gorontali kini banyak dicontoh oleh pengemudi becak untuk menggunakan tenaga mesin. Sehingga kehadiran becak motor dapat dirasakan diberbagai kota di Indonesia di masa sekarang

Itulah 5 Becak yang berkembang di beberapa daerah di Indonesia. Transportasi tradisional ini memang mulai termakan waktu. Tapi bagi siapapun yang pernah menumpangi becak, sensasinya sulit dilupakan bukan?

Sumber: schoolpouringrights.com

Pilih BanggaBangga8%
Pilih SedihSedih12%
Pilih SenangSenang16%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi24%
Pilih TerpukauTerpukau36%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Dosen ITS Ciptakan Alat Pemercepat Diagnonis Tuberkulosis Sebelummnya

Dosen ITS Ciptakan Alat Pemercepat Diagnonis Tuberkulosis

Pulau-Pulau yang Sangat Bagus di Kepulauan Seribu Selanjutnya

Pulau-Pulau yang Sangat Bagus di Kepulauan Seribu

Ilham Bafadal
@ilhammib

Ilham Bafadal

Enthusiast in Strategy, Aviation, Geopolitics, and International Politics.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.