Ada Anara dan Amesa di Manado

Ada Anara dan Amesa di Manado
info gambar utama

Anara dan Amesa adalah kakak beradik yang tinggal di Anoa Breeding Center (ABC). Anara dan Amesa adalah dua ekor binatang Anoa. Anoa yang memiliki nama latin Bubalus Depressicornis merupakan hewan langka endemik dari Pulau Sulawesi. Binatang ini bahkan telah masuk dalam kategori terancam punah dalam Daftar Merah The International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). Binatang Anoa juga dilindungi oleh Undang-Uundang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Anara adalah seekor bayi Anoa yang lahir di ABC. Sebelumnya bayi Anoa yang lahir diberi nama Maesa oleh Wakil Presiden Rrepublik Indonesia Jusuf Kalla.

Sedang nama Anara diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Jan Darmadi, Dewan Pertimbangan Presiden.

Nama Anara sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti seorang pengembara, dan dalam bahasa Hindu artinya kuat dan sempurna. Nama Anara juga merupakan gabungan dari Ana dan Rambo, sepesang indukan Anoa.

Anara lahir pada hari Rabu, 8 November 2017 silam dengan berat sekitar 3,5 kilogram, panjang 6 sentimeter dan tinggi 50 sentimeter. Proses kelahiran anara berlangsung tanpa bantuan manusia, lho.

Kelahiran Anara menambah jumlah Anoa yang tinggal di ABC. Sekarang ada Sembilan Anoa yang tinggal di ABC, yaotu Rambo, Rocky, Rita, Denok, Ana, Manis, Stela, Maesa dan Anara. Kesembilan Anoa ini berasal dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

“Kelahiran Anara dan Mahesa memberikan harapan dalam peseltarian Anoa. Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi KLHK, khususnya Badan Litbang dan Inovasi yang telah mendukung, dan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dalam upaya konservasi,” ujar Siti seperti yang dikutip dari Kompas.com

Dari tim ABC, Irma mengatakan bahwa jumlah populasi Anoa di Sulawesi sekarang hanya tinggal 2.469 ekor Anoa Dewasa. Irma juga mengatakan bahwa Anoa sangat berhantung dengan hutan, jika hutan terganggu maka akan langsung berakibat pada makanan Anoa.


Sumber: beritagar.id, Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini