Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Lampung Telah Diresmikan Jokowi

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Lampung Telah Diresmikan Jokowi
info gambar utama

Lampung akhirnya memiliki jalan tol baru. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meresmikan Tol Bakauheni-Terbangi Besar pada hari Minggu (21/01).

Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur sangat fundamental atau mendasar bagi Indonesia agar bisa bersaing dengan negara-negara lain.

"Kenapa ini segera kita resmikan. Saya ingin mendorong agar (jalan tol) dari Bakauheni sampai Palembang bisa diselesaikan sebelum Asian Games itu berjalan. Memang masih panjang sekali, saya tahu masih ada masalah kecil-kecil, pembebasan lahan yang harus diselesaikan," tutur Jokowi seperti yang dilansir dari Kompas.com

Tol yang berada di Provinsi Lampung ini adalah jalan bebas hambatan perdana di Lampung. Tol ini memiliki panjang 14,5 kilometer dari total rancangan 140,9 Kilometer, mencakup Bakaheuni-Terbanggi Besar Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo, yaitu Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer serta Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, yakni Segmen SS Lematang-SS Kotabaru sepanjang 5,6 kilometer.

“Tol ini bisa dilalui tanpa tarif, alias gratis hingga bulan juni ada saat mudik lebaran 2018 ini,” jelas kepala badan pengatur Jalan Tol (BPJT)

Setelah masa sosialisasi berakhir, pemerintah mulai memberlakukan tarif resmi yang akan ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tarifnya adalah Rp 800 per kilometer.

Endra S Atmawidjaya Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR juga menjelaskan bahwa untuk kendaraan golongan taif I tarifnya adalah Rp 7.000 dari pelabuhan Bakauheni menuju SS Bakaheuni. Sementara untuk SS Lematang - SS Kota Baru adalah Rp 4000.

Pembangunan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar terbagi dalam 4 paket yakni Paket 1 dari Bakauheni ke Sidomulyo sepanjang 39,40 kilometer, dengan kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

Paket 2 dari Sidomulyo ke Kotabaru sepanjang 40,6 kilometer dengan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Paket 3 dari Kotabaru ke Metro sepanjang 29 kilometer dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan paket 4 dari Metro ke Terbanggi Besar sepanjang 31,93 kilometer, dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Pembangunan tol ruas Bajauheni-Terbanggi besar menelan biaya sekitar Rp 16,8 Triliun yang dipenuhi dari porsi modal atau ekuitas sudah 52 persen dan 48 persen melalui skema pinjaman perbankan.

Sumber: Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini