Penerapan Sistem E-government di Indonesia

Penerapan Sistem E-government di Indonesia

Panorama Ibu Kota Republik Indonesia © wikipedia.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Indonesia dewasa ini selalu meningkatkan kualitasnya sebagai sebuah bangsa. Mulai dari pembangunan infrastruktur hingga peningkatan kekuatan ekonomi. Tak mau ketinggalan, sektor pemerintahan juga ikut berinovasi.

Pemerintah kini sedang mengiemplementasikan sistem e-government di Indonesia. E-government adalah sistem pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi. Pada prinsipnya inovasi e-government ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pelayanan dari lembaga pemerintah kepada masyarakat melalui pelayanan online. Selain itu, melalui sistem e-government, masyarakat bisa ikut mengontrol pekerjaan pemerintah.

Bentuk-bentuk dari penggunaan e-government adalah e-budgeting, e-procurement, e-audit, e-catalog, e-payment, e-controlling, bahkan hingga e-health. Pemerintah kota Surabaya bahkan sudah menerapkan sistem Surabaya Smart Windows (SWS) yaitu sebuah layanan yang membuat masyarakat dapat mengurus perizinan melalui smartphone. Bahkan, masyarakat dapat mencetak sendiri dokumen-dokumen perizinan.

Sistem e-government ini tidak hanya berdampak bagi masyarakat, tetapi juga bagi pemerintah itu sendiri. Sistem e-government dapat mendukung kinerja pemerintah dalam bidang government to business, governmentto citizen, government to government, dan government to employees.

Dampak positif diterapkannnya sistem e-government di Indonesia adalah masyarakat dapat menerima laporan kinerja pemerintah secara aktual dan transparan, rakyat juga bisa dengan leluasa mengakses informasi seputar kinerja pemerintah. Selain itu sistem e-government juga dapat menekan anggaran biaya. Dengan teknologi online, pekerjaan juga tentunya akan lebih efesien, secara biaya dan waktu.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kota Bandung dan, Pandeglang juga mulai menerapkan sistem e-government lewat konsep smart city. Konsep smart city terfokus pada pemanfaatan teknologi komunikasi untuk mendukung kinerja pemerintah seperti memasangkan sensor dan peralatan rumah sakit, jaringan listrik, perkeretaapian, jembatan dan memonitor kejadian di dalam kota seperti kondisi jalan dan apabila ada bencana banjir.

Dengan diterapkannya sistem e-governmernt yang sangat mudah diakses dan transparan dapat mengarahkan keadaan good and open government di Indonesia.

Pemerintah sendiri sudah memiliki strategi dalam menerapkan sistem e-government, yaitu; 1/ Mengembangkan sistem pelayanan yang handal dan dapat terjangkau masyarakat luas dengan cara pemerataan jaringan komunikasi yang merata di seluruh wilayah Indonesia. 2/ Menata sistem dan proses kerja pemerintah dan pemerintah otonom secara holistik dengan cara menyiapkan SDM yang terbiasa dengan teknologi. 3/ Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal dengan cara memberikan informasi secara lengkap. 4/ Meningkatkan peran serta dunia usaha dan mengembangkan industri telekomunikasi dan teknologi informasi. 5/ Melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur yaitu melalui tahapan persiapan, pematangan, pemantapan, dan pemanfaatan.

Cita-cita good and open government di Indonesia hanya bisa terwujud apabila semua lapisan ikut bekerja. Tak hanya pemerintah yang memfasilitasinya lewat e-government dan smart city, namun kita sebagai masyarakat juga harus ikut berpartisipasi bekerja dan berperan aktif mendukung cita-cita ini. Tak hanya itu para pelaku industri, dan lembaga pemerintah non-kementerian yang bergerak di bidang riset juga diharapkan dapat bekerja sama untuk mewujudkan cita-cita ini.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga39%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang14%
Pilih Tak PeduliTak Peduli5%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi21%
Pilih TerpukauTerpukau17%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ribuan Ikan Hidup di Parit di Yogyakarta Ini Sebelummnya

Ribuan Ikan Hidup di Parit di Yogyakarta Ini

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona Selanjutnya

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona

Sita N
@narriswari_

Sita N

8 Komentar

  • Andi wisnu wibowo

    ini sangat bermanfaat karena berisi cara Penerapan Sistem E-government di Indonesia Kenalkan nama saya Andi Wisnu Wibowo (1911520006) dari Kampus STMIK Atma Luhur Pangkalpinang Kunjungi Juga Website Kampus Kami https://www.atmaluhur.ac.id Terima Kasih!!

  • ade merlin sapitri

    belum bisa merata keseluruh indonesia, kunjungi website kita yuk, http://www.atmaluhur.ac.id

  • Regina

    Semoga kedepannya Indonesia bisa menerapkan teknologi yg lebih baik lagi dalam bidang apapun terutama di pemerintahan. Terima kasih.. Artikelnya sangat bermanfaat. Perkenalkan saya Regina.. kunjungi website kami ya.. https://www.atmaluhur.ac.id/ Salam sukses!

  • kurniah

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat, saya Kurniah, mohon utk mengunjungi website kampus kami di http://atmaluhur.ac.id

  • asep kurniawan

    terimakasih atas info nya sangat bermanfaat perkenalkan nama saya asep kurniawan kunjungi web kami juga di http://www.atmaluhur.ac.id/

  • asep kurniawan

    Komentar telah dihapus oleh Admin

  • Muhammad Hasbi Hanif Rizqullah

    apakah Sistem E-government di Indonesia sudah baik? Nama:Muhammad Hasbi Hanif Rizqullah Nim:1911510005 https://www.atmaluhur.ac.id

  • Muhammad izzan

    Terimakasih infonya, artikel ini sangat bermanfaat. Perkenalkan nama saya Muhammad Izzan 1511500096 dari kampus STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang, kunjungi website kami di https://www.atmaluhur.ac.id/

  • Putri

    Semoga bisa merata ke seluruh Nusantara, aaminn

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.