Ingin Melihat Gerhana Bulan Total? Baca Dulu 5 Hal Ini

Ingin Melihat Gerhana Bulan Total? Baca Dulu 5 Hal Ini
info gambar utama

Penasaran ingin melihat cantiknya fenomena gerhana bulan total? Oleh karena itu, simak beberapa hal berikut ini yang perlu Anda ketahui ketika ingin melihat gerhana bulan total.

Catat Tanggalnya

Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN, Gunawan Admiranto mengatakan masyarakat di Indonesia dapat menyaksikan momen gerhana bulan total pada tanggal 31 Januari 2018.Pilih Lokasinya yang Tepat

Proses gerhana bulan total ini bisa dilihat di mana saja, seperti halnya di sekitaran kediaman Anda. Namun, Gunawan menyarankan untuk melihat fenomenan ini di tempat yang lapang atau luas seperti di lapangan.

Usahakan pilih tempat yang lebih gelap, misalnya saja ke luar kota kemudian di tengah sawah,” kata Gunawan kepada KompasTravel .

Trilogi 'Supermoon'. Foto: BMKG
info gambar

Peneropongan Umum di Jakarta dan Bandung

Ada dua tempat yang mengadakan kegiatan peneropongan umum pada Rabu, 31 Januari 2018 untuk melihat gerhana bulan total.

Pertama, Planetarium Jakarta, Plaza Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat.

Kedua, di kantor Pusat Sains Antariksa LAPAN, Jalan Dr. Djundjunan No.133 Bandung.

Jika Anda ingin ke planetarium diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. Caranya dengan mengisi formulir pendaftaran pada link berikut https://bit.ly/TLE-31JAN2018.

Dikutip dari laman resmi Planetarium Jakarta, pendaftaran akan dibuka secara resmi pada hari Rabu, 24 Januari 2018 pukul 09.00 WIB hingga hari Rabu, 31 Januari 2018 pukul 09.00 WIB.

Pendaftaran tersebut berguna bagi ketersediaan tempat peneropongan sehingga pengunjung yang sudah mendaftar akan diutamakan.

Untuk menyaksikan fenomena ini Anda bisa datang lebih awal sekitar pukul 18.00 WIB.

Supermoon. Foto: AFP
info gambar

Saksikan Proses Sejak Awal Hingga Akhir

Pada akhir Januari nanti, Anda bisa saksikan gerhana bulan total dengan durasi total 1 jam 16 menit. Berikut lini masanya.

18.48 WIB: proses gerhana bulan sebagian.

19.51 WIB s.d. 21.07 WIB: gerhana bulan total

22.11 WIB: akhir gerhana bulan sebagian.

Timelapse supermoon. Foto: Dan Marker-Moore/Bored Panda
info gambar

Abadikan Momennya

Tidak hanya melihat langsung atau menggunakan teleskop masyarakat bisa mengabadikan momen gerhana bulan total. Abadikan momen ini bisa dengan cara foto atau video.

Menurut Gunawan momen ini penting untuk disaksikan dan diabadikan, karena fullmoon, supermoon, dan eclips terjadi secara bersamaan. Alhasil bulan akan terlihat lebih terang dan lebih besar.

“Gerhana bulan ini sangat istimewa, karena fullmoon, supermoon, dan eclipse terjadi secara bersama-sama. Memang jarang sekali terjadi, terakhir 152 tahun yang lalu,” kata Gunawan.


Sumber: Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini