Film religi "Mencari Hilal" karya Ismail Basbeth yang dirilis pada 2015 berhasil memikat sekitar 250 warga Bulgaria dalam Indonesia Movie Night pada Menar Film Festival Ke-10 di Kota Sofia pada 12-28 Januari 2018.

Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia, kepada Antara London, Jumat, mengatakan selama Festival Menar yang merupakan festival film bertema Islami terbesar di kawasan Balkan itu, Film "Mencari Hilal" dengan bintang Deddy Sutomo, Oka Antara, dan Toro Margens tayang tiga kali di bioskop yang berbeda.  

Dubes RI di Sofia, Sri Astari Rasjid, menyampaikan film merupakan bagian dari "soft power" diplomasi Indonesia. 

Cuplikan film 'Mencari Hilal'. Foto: Agenda.Brussels
Cuplikan film 'Mencari Hilal'. Foto: Agenda.Brussels



Hal penting yang dapat diambil dalam film itu, ujarnya, penekanan akan pentingnya nilai-nilai toleransi di tengah keadaan dunia yang rawan dengan konflik. 

Film ini bercerita mengenai perbedaan pemahaman agama antara ayah dan anak yang kemudian melaksanakan perjalanan bersama. Sebagian besar penonton baru pertama kali menonton film Indonesia dan memeperoleh kesan yang mendalam. Beberapa dialog dan adegan dalam film tersebut juga sukses membuat penonton terharu dan tertawa bersama.

Denny JA, bersama Ram Punjabi menjadi produser eksekutif Film 'Mencari Hilal'. Foto: Antara/Istimewa
Denny JA, bersama Ram Punjabi menjadi produser eksekutif Film 'Mencari Hilal'. Foto: Antara/Istimewa

Sperti yang dilansir Suara Merdeka, Indonesia telah berpartisipasi ketiga kalinya di festival ini, untuk juga memperlikatkan sebagaian dari keindahan budaya di Indonesia.

Bulgaria sendiri saat ini memegang peran penting di kawasan sebagai ketua presidensi Uni Eropa selama enam bulan hingga pertengahan tahun 2018. Sekitar 15 persen penduduk Bulgaria beragama Islam, pengaruh sejarah dari pendudukan Turki di masa lampau.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu