Google dan Gerakan 1000 Start up Digital

Google dan Gerakan 1000 Start up Digital
info gambar utama

Tahukah kamu akan Gerakan Nasional 1.000 Start up Digital yang telah dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)? Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital memiliki tujuan melahirkan perusahaan rintisan yang memberikan dampak positif dengan menyelesaikan permasalahan di Indonesia. Gerakan ini nantinya diharapkan dapat memberikan valuasi bisnis senilai USD 10 Miliar pada tahun 2020 yang akan mendatang.

Untuk melahirkan 1.000 startup digital, strategi yang dijalankan adalah dengan mentoring dan pembinaan intensif melalui tahapan-tahapan sistematis di 10 kota yang memiliki infrastruktur serta fondasi digital yang kuat. Langkah pertama dimulai dari ignition¸ yaitu seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship, yang menargetkan 4.000 peserta setiap tahunnya.

Nah, semenjak bulan Oktober 2017 yang lalu, Google Indonesia secara resmi telah menjalin kemitraan bersama dengan Gerakan Nasional 1.000 Start Up Digital lewat sebuah kegiatan mentoring dan diskusi gratis. Perserta dari program ini juga didukung oleh Kemenkominfo. Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk komitmen mereka untuk memperluas potensi internet di Indonesia terutama di bidang inovasi dan juga edukasi.

“Melalui (kerja sama dengan) Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital ini, kami di Google ingin menyumbangkan sumber daya dan keahlian kami untuk membantu pemerintah dalam mencapai target mereka di tahun 2020,” ujar Keusgen.

Google Developers Launchpad Accelerator adalah program yang didukung penuh para ahli dan mentor terbaik di Indonesia. Hingga kini, sudah ada lebih dari 20 startup Indonesia yang telah mengikuti Launchpad Accelerator dengan lebih dari US$ 1 juta pendanaan bebas saham yang telah diberikan. Mereka 'digembleng' dengan mengikuti program akselerasi selama enam bulan. Dan pada tahun ini, akan ada tiga startup lagi yang akan turut serta bergabung.

Dengan adanya kerja sama antara google Indonesia, kedua belah pihak optimis mampu mencapai target 1000 startup di tahun 2020 mendatang.

Sejak berjalan dari bulan Juni 2016 Gerakan Nasional 1.000 Start up Digital telah berhasil mendaoatkan enam ribu peserta, namun yang masuk inkubasi (pembinaan lanjutan sampai akhirnya siap jadi bagian dari ekosistem startup digital) hanya baru seratus lebih peserta.


Sumber: liputan6.com, Kominfo, id.techinasia.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini