Sudah Tahu Daun Raksasa yang Serbaguna Ini?

Sudah Tahu Daun Raksasa yang Serbaguna Ini?

Illustrasi Hutan Hujan

Pulau Sumatera tak hanya terkenal akan Danau terbesar di Asia Tenggaranya saja, yaitu Danau Toba, atau tak hanya terkenal akan masakan yang lezat dari Padang saja. Pulau sumatera juga terkenal akan kekayaan flora dan faunanya, seperti Badak Sumatera dan Raflesia Arnoldii yang ada di Pulau Sumatera. Ternyata, tak hanya itu, Pulau Sumatera juga memiliki tanaman unik, bernama Daun Sang.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Tanaman endemik ini hanya dapat ditemukan di kawasan Aras, sebuah wilayah di Kabupaten Langkat yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Daun Sang bisa ditemukan di temukan di ketinggian 85-175 meter di atas permukaan laut, dan terdapat di lereng bukit dengan kemiringan 45 derajat, hingga lereng curam dengan kemiringan lebih dari 60 derajat.

Daun sang merupakan salah satu dari empat spesies anggota genus Johannestijsmania yang hanya tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Daun Sang merupakan anggota famili Arecaceae (pinang-pinangan atau palem). Tanaman Daun Sang yang mempunyai nama ilmiah johannestijsmania altifrons, disebut juga sebagai daun payung sal, sal (Malaysia), bang soon (Thailand), joey palm, diamond joey palm, umbrella leaf palm (Inggris).

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Tanaman ini memiliki daun yang sangat lebar mencapai 6 meter dan dengan lebar satu meter. Namun yang sering ditemui hanya berukuran 3 meter kali 1 meter. Uniknya adalah daun sang memiliki sisi yang berduri. Akibat ukuran daunnya yang di atas normal itu, masyarakat dahulu kerap memanfaatkan Daun Sang sebagai atap rumah ataupun atap gubuk di ladang.

Dan daun sang juga biasanya tumbuh di bawah pepohonan besar yang rindang, karena tanaman daun sang ini adalah tanaman yang tak tidak tahan terhadap sinar matahari. Maka daun ini butuh pepohonan yang lain untuk melindungi kelangusngan hidupnya.

Sekarang tanaman ini juga termasuk tanaman yang dilindungi, maka tanaman ini sekarang dapat ditemukan di dua tempat, yaitu di Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNTB) berada di Povinsi Riau dan Jambi, serta Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

3 Alternatif Wisata di Bali Sebelummnya

3 Alternatif Wisata di Bali

Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I) Selanjutnya

Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I)

Sita N
@narriswari_

Sita N

Fulltime Student and Singer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.