Akhirnya! Ekonomi Indonesia Tembus $ 1 Trilyun

Akhirnya! Ekonomi Indonesia Tembus $ 1 Trilyun

Jakarta city lights © Foto: kinyu-z

Perekonomian Indonesia sebagai yang terbesar di Asia Tenggara, pada tahun 2017 mencapai tonggak sejarah dengan mencapai 1 triliun dolar Amerika.

Produk domestik bruto (PDB) diperkirakan mencapai 1.004 triliun dolar Amerika pada 2017, meskipun pertumbuhan ekonominya tidak mencapai target awal sebesar 5.2%.

Liberalisasi peraturan investasi asing mendorong arus masuk investasi langsung luar negeri. Dengan mengatasi masalah pada transportasi, pertanian dan perikanan, serta diversifikasi energi, Indonesia mampu mencapai kesempatan bisnis di 2030 hingga 1.8 triliun dolar Amerika. Untuk dapat mengerahkan potensi maksimalnya, McKinsey menyarankan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja tahunan hingga 4.6% (meningkat 60% dibandingkan dengan pertumbuhan rata-rata beberapa dekade terakhir).

Anak muda Indonesia | Foto: Muhammad Haikal Sjukri on Unsplash
Anak muda Indonesia | Foto: Muhammad Haikal Sjukri on Unsplash

Perekonomian Indonesia merupakan perekonomian terbesar di Asia Tenggara serta salah satu dari pasar berkembang terbesar di dunia. PDB Indonesia diproyeksikan akan melampaui angka 3.7 triliun dolar Amerika pada 2030. "Hal ini akan meningkatkan pengaruh geopolitik Indonesia terhadap dunia secara signifikan sebagai pasar berkembang, membentuk pembuatan kebijakan internasional di forum global seperti G-20 dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, " diutarakan oleh IHS.

Indonesia memiliki populasi yang besar dengan pertumbuhan yang cepat (250 miliar), kebutuhan belanja rumah tangga yang bertumbuh cepat dari keluarga kelas menengah dan pertumbuhan cepat lainnya yang diproyeksikan di berbagai industri. Saat ini Indonesia menduduki peringkat 16 pada ekonomi terbesar di dunia, McKinsey memperkirakan bahwa Indonesia dapat membalap naik ke peringkat 7 (mengalahkan Jerman dan Inggris) jika dapat meningkatkan produktivitasnya. Dengan situasi populasi yang bertumbuh cepat, diperkirakan populasinya akan bertambah 90 miliar dalam kurun waktu 2 dekade, memacu konsumsi domestik.

Empat negara Asia Tenggara juga akan segera mencapai PDB sebesar triliun dolar Amerika pada 2030. Mengikuti Indonesia, 3 negara ASEAN lainnya yang diproyeksikan akan mencapai tonggak sejarah ini adalah: Malaysia, Thailand, dan Filipina.


Sumber: Seasia.co

Pilih BanggaBangga83%
Pilih SedihSedih4%
Pilih SenangSenang4%
Pilih Tak PeduliTak Peduli1%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi4%
Pilih TerpukauTerpukau5%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Gita Savitri Menjadi Satu-Satunya Wanita Indonesia di Perhelatan Bergengsi Youtube Sebelummnya

Gita Savitri Menjadi Satu-Satunya Wanita Indonesia di Perhelatan Bergengsi Youtube

Ini Daftar Operator Telko yang Sudah Menjajal Jaringan 5G di Indonesia Selanjutnya

Ini Daftar Operator Telko yang Sudah Menjajal Jaringan 5G di Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.