Penangkaran Buaya Terbesar Se Asia Tenggara Ada di Kota Medan

Penangkaran Buaya Terbesar Se Asia Tenggara Ada di Kota Medan
info gambar utama

Apa yang ada dipikiran kawan GNFI ketika mendengar nama Kota Medan? Mungkin salah satu buah yang menjadi andalannya, yaitu buah durian yang langsung terbesit di pikiran kawan GNFI. Namun tahukah kawan GNFI bahwa Kota Medan mempunya sebuah Penangkaran Buaya terbesar se Asia Tenggara?

Nama penangkarannya adalah Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Penangkaran Buaya Asam Kumbang terletak di Jalan Bunga Raya Kecamatan Medan Sekayang No.59, Desa Asam Kumbang yang letaknya lima kilometer dari Kota Medan.

Dengan luas dua hektar, Penangkaran Buaya Asam Kumbang memelihara sekitar 2700 ekor buaya dari yang baru saja menetas hingga berusia 43 tahun yang memiliki panjang sampai dengan lima meter. Selain itu juga ada sebuah danau berwarna hijau yang dihuni oleh ratusan ekor buaya di Penangkaran Buaya Asam Kumbang, lho.

A post shared by LPM STIKPress (@stikpress) on

Penangkaran Buaya Asam Kumbang dibuka setiap harinya dari pukul 09.00-18.00 WIB untuk umum.

Indonesia sendiri memiliki empat jenis buaya, yaitu: Buaya Irian (Crocodylus novaeguneae) yang hidup di wilayah Papua, buaya Kalimantan (Crocodylus raninus) yang banyak ditemui di pulau-pulau di Kalimantan, dan buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii) yang banyak ditemui di Pulau Sumatera.

Sejauh ini, Indonesia baru memiliki tiga tempat penangkaran buaya, yaitu: 1/ Penangkaran Buaya Asam Kumbang di Kota Medan 2/ Taman Buaya Indonesia Jaya di Kota Bekasi 3/ Taman Buaya Tanjung Pasir di Kota Tangerang.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini