8 Fakta tentang Film Animasi Battle of Surabaya

8 Fakta tentang Film Animasi Battle of Surabaya
info gambar utama

Battle of Surabaya adalah judul film animasi 2D Indonesia yang terus menerus dibicarakan sejak beberapa tahun silam hingga saat ini. Publik tentu bertanya-tanya mengapa bisa fenomenal hingga sekarang. Berikut ini mari kita simak 8 fakta tentang film animasi ini :


1. Telah dirilis pada 20 Agustus 2015

Seiring sering dibicarakannya film animasi Indonesia ini, banyak masyarakat yang penasaran ingin menonton. Sebagian masyarakat bahkan menunggu kapan film ini akan tayang padahal film ini telah tayang. Perlu diketahui bahwa film animasi ini telah tayang di Indonesia tahun 2015 lalu.

2. Diputar di seluruh jaringan bioskop di Indonesia

Ya, film Battle of Surabaya saat itu diputar serentak di seluruh jaringan bioskop di Indonesia. Sayangnya tidak semua kota di Indonesia telah mempunyai bioskop sehingga banyak masyarakat yang belum menonton film ini. Sebenarnya MSV Studio sebagai production house-nya menyediakan fasilitas bioskop di tempat mereka bagi yang ingin menontonnya.

3. Dibuat oleh lebih dari 150 animator Indonesia, termasuk tim sound dan editing

Animasi layar lebar merupakan hal baru bagi Indonesia. Tidak banyak production house yang bersedia memproduksi film animasi layar lebar untuk tujuan komersil. MSV Studio sangat berani mempekerjakan 150 orang animator termasuk tim sound dan editing untuk memproduksi debut ini.

4. Merupakan film animasi pertama yang berlatar sejarah perjuangan bangsa Indonesia

Sejarah sering dianggap hal yang membosankan, karenanya sangat jarang film yang mengambil tema sejarah sebagai bahan filmnya. Berbeda dengan Battle of Surabaya yang mengambil setting waktu dan tempat nyata kejadian sejarah pada tahun 1945 yang dijadikan Hari Pahlawan di Indonesia.

5. Telah memenangi 12 penghargaan internasional

Film Battle of Surabaya merupakan film animasi Indonesia satu-satunya yang memperoleh 12 penghargaan internasional (hingga artikel ini dimuat), salah satunya yang terbaru adalah Best Animation di Milan IFF 2017.

6. Dari film bertema perjuangan dan persahabatan ini hadir spin-off dalam bentuk komik “Apa kabar Musa”, film pendek BOS Series, dan sejumlah merchandise

Karena tingginya animo masyarakat dalam mendukung film ini, production house pembuatnya yaitu MSV Studio sampai menghadirkan spin off dalam bentuk komik "Apa Kabar Musa", film pendek BoS The Series, dan sejumlah merchandise. Merchandise film bukan hal yang biasa dilakukan oleh para pembuat film di Indonesia.

7. Pada akhir 2017 dirilis di Amazon

Film Battle of Surabaya pada akhir tahun 2017 lalu dirilis ke masyarakat internasional dengan judul November 10th dalam versi Bahasa Inggris, melalui situs daring global yaitu Amazon.

8. Pada Januari 2018 novel Battle of Surabaya terbit dan mulai beredar di Gramedia

Pada bulan Januari 2018 (saat artikel ini dimuat), film Battle of Surabaya telah dibentukkan menjadi novel yang menarik dan mulai beredar di Gramedia secara offline maupun online.

Sumber :MSV Studio

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini