Gerak Cepat Terminal 4, Sudah ada Desainnya?

Gerak Cepat Terminal 4, Sudah ada Desainnya?
info gambar utama

Terminal 3 Soekarno-Hatta belum 100% jadi (setidaknya terlihat masih ada beberapa pekerjaan perbaikan, dan tenant-tenant di dalam terminal yang masih belum penuh), namun pengelola bandara terbesar di Indonesia tersebut sudah merancang Terminal 4.

Terminal 4 Bandara Soetta disebut-sebut mirip dengan Terminal 3, meski tentu ada ada beberapa feature canggih tambahan yang ada di Terminal 4. Seperti diketahui, salah satu kecanggihan Terminal 3 adalah diaplikasikannya CCTV yang bisa dilengkapi feature pendeteksi wajah. Selain bisa mendeteksi wajah, CCTV tersebut juga bisa mendeteksi barang mencurigakan di Terminal 3. Selain itu, juga sudah diperkenalkan adalah Video Docking Guidance System. Sistem ini merupakan alat bantu parkir pesawat yang bisa dikontrol melalui video.

Terminal 3 Soekarno Hatta | foto GNFI
info gambar

Di T3 juga sudah dipakai Baggage Handling System (BHS), yakni sistem penanganan bagasi yang dilakukan melalui digitalisasi yakni pengoperasian sistem teknologi informasi BHS yang pengaturannya dilakukan melalui aplikasi internal AP II yaitu iPerform, serta pemasangan CCTV di area penempatan bagasi ke BHS.

Nah, di terminal 4 nanti, ketiganya akan lebih canggih.

Sedangkan untuk kapasitas penumpang, Terminal 4 mampu menampung 25 juta penumpang per tahun. Bahkan dalam desain konstruksi, Terminal 4 mampu menampung 38 juta penumpang. AP II juga berencana mendesain Terminal 4 dengan konsep go green dengan latar belakang hutan hujan tropis di dalam terminal. Sedangkan mayoritas tenaga listrik di Terminal 4 juga akan dipasok dari 21.900 panel surya.

Berikut konsep rencana Terminal 4 Bandara Soetta (dikutip dari Kumparan.com):

  • Kapasitas Penumpang: 38 juta per tahun,
  • Area Terminal: 389.528 meter persegi,
  • Area Check in: 22.597 meter persegi,
  • Check in Counter: 464 counter,
  • Area Komersial: 60.228 meter persegi,
  • Area Boarding Lounge 19.301 meter persegi
  • Gate: 30 unit,
  • Area Parkir: 40.410 meter persegi.

Lalu bagaimana dengan desainnya? Hingga saat ini, Angkasa Pura II belum merilis desain terminal 4, bahkan mungkin proses design bangunan belum dimulai. Namun di forum-forum online seperti Skyscraperscity.com, desain-desain T4 sudah bersliweran. Desain itu sendiri ditemukan di Dugacc.com. Berikut beberapa diantaranya (dari Dugacc.com):

T4 desain oleh DUGA CC | dugacc.com
info gambar
By Dugacc.com
info gambar

by Dugacc.com
info gambar
Dugacc.com
info gambar

Terminal 4 akan dibangun di atas lahan milik AP II seluas 400.000 meter persegi atau 40 hektare yang selama ini menjadi Lapangan Golf Soewarna. Soewarna sendiri sudah menyewa lahan AP II sejak 1994.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memastikan tidak akan memperpanjang kontrak sewa lahan komplek perkantoran dan pergudangan Soewarna Business Park di wilayah Bandara Soekarno-Hatta. Pasalnya AP II akan mengoptimalkan lahan yang dimilikinya untuk mengembangkan kapasitas bandara tersebut.
Sumber : Kumparan.com | Kontan.co.id | Liputan6.com | Dugacc.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini