Startup Keamanan Karya Anak Bangsa Dengan Konsep Gotongroyong

Startup Keamanan Karya Anak Bangsa Dengan Konsep Gotongroyong
info gambar utama

Seorang teman yang bersekolah di Amerika pernah bercerita tentang betapa cepatnya respons nomor darurat di sana. Meski belum sempat melaporkan secara detail, namun lima belas menit kemudian, mobil polisi, ambulans, dan pemadam kebakaran telah hadir untuk merespons panggilan darurat,” ujar Fardhan.

Fardhan bersama tiga orang temannya, yaitu: Anggatirta, David, dan Scorpio Satriyo membuat sebuah startup aplikasi keamanan personal yang diberi nama BuddyGuard.

Berlatar belakang keresahan tentang isu kriminalitas yang ada di kota besar seperti Jakarta, akhrinya aplikasi BuddyGuard lahir. BuddyGuard hadir menawarkan aplikasi keamanan berlapis yang dapat dipakai di saat-saat genting yang kadang tak dapat kita sangka.

Fardhan juga mengatakan bahwa kasus pembunuhan yang terjadi dalam sebuah rumah mewah di kawasan Pulomas merupakan salah satu peristiwa yang menginspirasi pembuatan salah satu fitur aplikasi BuddyGuard.

Konsep aplikasi ini adalah mendigitalkan peran “gotong royong” ala siskamling di lingkungan kota besar yang masyarakatnya cenderung individualis.

“Saya lihat orang Indonesia itu memiliki jiwa gotong-royong tinggi. Nah tugas BuddyGuard di sini adalah menyatukan masyarakat supaya tergerak menjadi ‘agen-agen keamanan’ bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya,” tambah Fardhan seperti yang dilansir dari id.techinasia.com

Sedikitnya ada empat fitur yang ada dalam BuddyGuard, yaitu: 1/ Family Guard (sebuah fitur yang memiliki fungsi pemantauan dari anggota keluarga) 2/ Call Guard (Sebuah fitur pencari nomer telepon darurat terdekat). 3/ Grup Siskamling 4/ Tour-Guard untuk memantau rombongan.

A post shared by BUDDYGUARD (@buddyguard.id) on

Beberapa fitur di atas akan digabungkan dengan fungsing tombol “panik,” tombol panik ini nantinya akan merespons situasi pengguna apabila ditekan selama tiga detik. Setelah ditekan, otomatis akan meneruskan permintaan darurat kepada pengguda BuddyGuard yang lain yang berada di sekitar pengguna. Tak hanya itu, operator BuddyGuard juga akan menghubungi pengguna, apakah pengguna membutuhkan bantuan panggilan darurat.

Sumber: id.techinasia.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini