4-Star Airline untuk Citilink pada acara Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Singapura, Kamis (8/2/2018)
4-Star Airline diberikan untuk Citilink Indonesia pada acara Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Singapura, Kamis (8/2/2018) oleh Skytrax | Foto: Andri Donnal Putera / Kompas

Maskapai penerbangan Citilink Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia menerima predikat 4-Star Airline untuk kategori maskapai penerbangan dengan biaya rendah atau low cost carrier (LCC). Predikat tersebut diberikan oleh lembaga pemeringkat penerbangan global independen asal Inggris, Skytrax.

Citilink Indonesia memperoleh predikat yang merupakan predikat tertinggi untuk kelas penerbangan dengan biaya rendah versi Skytrax setelah sekian lama beroperasi di Indonesia.

Disebutkan oleh CEO Skytrax, Edward Plaisted bahwa Citilink Indonesia merupakan maskapai penerbangan dengan biaya rendah pertama yang mendapatkan sertifikasi tersebut di Asia. Hal tersebut diungkapkan oleh Edward saat proses penyerahan penghargaan itu berlangsung di Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center pada Kamis 8 Februari 2018 lalu.

Sebagai yang pertama di Asia, dengan skala global bagi kelas dengan biaya rendah Citilink Indonesia berkompetisi dengan maskapai penerbangan Norwegian Air dan EasyJet dari Inggris yang juga memperoleh predikat 4-Star Airline.

Hal tersebut menyatakan bahwa Citilink Indonesia mampu bersaing dan setara dengan dua maskapai tersebut, baik dari sisi kualitas layanan hingga aspek keselamatannya.

Pihak Citilink Indonesia telah menargetkan untuk mendapatkan predikat tersebut sejak lama, hal ini didapat atas pernyataan Juliandra Nurtjahjo selaku Direktur Utama Citilink.

Penilaian untuk dapat meraih predikat tersebut pun telah berlangsung sejak tahun 2014, hingga akhirnya setelah 4 tahun melalui proses penilaian, di tahun 2018 ini semua standar dan ketentuan dapat terpenuhi.

"Penghargaan berskala internasional ini merupakan bukti atas komitmen dan kerja keras seluruh karyawan yang menjadi suatu kebanggaan," ungkap Juliandra.

Sekaligus tantangan bagi Citilink Indonesia untuk terus menerus memberikan yang terbaik pada seluruh aspek penerbangan.

“Ini menjadi fakta, meskipun Citilink Indonesia adalah maskapai berbiaya murah, namun dengan kualitas terbaik di kelasnya. Penghargaan ini merupakan pengakuan internasional menjadi modal dasar melakukan ekspansi bisnis ke regional,” kata Juliandra usai menerima sertifikat bintang empat Skytrax, di Singapore Airshow 2018, Singapura.

Juliandra mengungkapkan bahwa hal ini merupakan aspek terpenting bagi pihaknya karena dapat menjadi tolak ukur penumpang untuk lebih memilih Citilink dengan segala kenyamanan yang ditawarkan.

Proses sertifikasi tersebut dinamai dengan "Skytrax Audit" dengan poin-poin penilaian yang detail.

Penilaian meliputi seluruh aspek pelayanan, mulai dari pre-flight, in-flight dan post-flight seperti kualitas pelayanan penumpang di bandara, kualitas ruang tunggu, kenyamanan kabin, sajian dalam pesawat (in-flight meal), kualitas hiburan dalam pesawat (in-flight entertainment), hingga layanan oleh awak kabin. 

Sumber: Kompas | TribunTimur

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu