Motor Listrik Gesits, Motor Listrik Buatan Indonesia

Motor Listrik Gesits, Motor Listrik Buatan Indonesia
info gambar utama

Indonesia akan mencoba menjual motor listrik buatan dalam negeri yang diberi nama Motor Listrik Gesits (Garasindo Electric Scooter ITS).

Motor ini merupakan hasil kolabolarasi dari Institus Teknologi Sepuluh November (ITS), PT. Gesits Technologies Indo (GTI), dan joint venture dengan anak perusahaan Wijaya Karya, PT. Wika Industri dan Industri.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan juga telah mengunjungi ITS Surabaya untuk menjalin kerja sama pembangunan kedaulatan energi (9/1).

Menteri Jonan sangat mengapresiasi tentang inovasi yang sudah dikerjakan oleh ITS. Menteri Jonan juga berpesan agar ITS segera memproduksi motor listrik secara massal agar dapat dijual secara komersil.

Nantinya Motor Listrik Gesits karya anak bangsa ini akan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus. Momen ini digunakan karena bertepatan dengan HUT RI yang ke-73, sekaligus untuk membangkitkan kembali semangat masyarakat Indonesia untuk terus berkarya.

“Karena kalau tidak pernah coba dijual, kita tidak tahu apa yang harus diperbaiki ke depan,” ujar Ignasius Jonan seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com

Sebelum dijual ke pasar, Motor Listrik Gesits telah terlebih dahulu diuji coba jalan dari Jakarta-Bali dengan menempuh jarak 1.200 kilometer.

Motor Listrik Gesits ini diproduksi di pabrik PT. Wika Industri dan Konstruksi di Cileungsi Bogor dengan luas areanya mencapai 2.400 m2.

Direktur Utama PT GTI Harun Sjech sempat mengatakan usai Motor Listrik Gesits dinyatakan layak jalan, motor akan diproduksi sebanyak 10-200 unit, baru selanjutnya akan diproduksi dalam jumlah besar. GTI menargetkan akan memproduksi tahap awal sebanyak 50 ribu per tahun dan akan berkembang menjadi 100 ribu per tahun sesuai permintaan pasar.

Dalam brosur yang tersebar tahun lalu, Motor Listrik Gesits menyuguhkan motor elektrik berdaya 5 kW dengan torsi mencapai 15 Nm pada 3.000 rpm. Baterai lithium-ion yang tersimpan hanya butuh waktu 3-4 jam pengisian dari kondisi baterai kosong sampai terisi daya penuh.

GTI menyebutkan akan memasarkan motor listriknya dengan harga relatif terjangkau yaitu di bawah Rp20 juta.


Sumber: cnnindonesia.com, tempo.co

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini