Bicara dangdut, berarti bicara Indonesia. Hal ini tidak bisa terpisahkan, sebab musik dangdut telah menjadi identitas bangsa Indonesia sejak lama. Pamornya pun demikian, merambah hingga ke berbagai belahan dunia. Sudah tidak terhitung lagi orang – orang asing yang menyukai musik khas dangdut dengan duara gendangnya tersebut. Beberapa waktu lalu, seorang pria asal Amerika Serikat kembali mencuri perhatian lewat videonya menyanyikan lagu   - lagu dangdut.

Lexis Mazerski, pria yang tinggal di Los Angeles ini mengunggah sebuah video dirinya menyanyikan lagu “Kugadaikan Cintaku”. Dalam video tersebut, ia terlihat cukup lancar menyanyikan lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi Gombloh ini. sontak video tersebut menarik perhatian warganet Indonesia. usut punya usut, ternyata video Lexis menyanyikan lagu dangdut adalah bukan yang pertama kalinya. Di kanal youtube miliknya,  terdapat kurang lebih 25 video Lexis menyanyikan lagu dangdut yang telah ia unggah sejak 3 tahun silam. Video pertamanya bahkan telah ditonton lebih dari dua ratus ribu kali. Dalam video itu, Lexis menyanyikan lagu Mbah Dukun.

Dalam wawancaranya yang dilansir oleh VOA Indonesia, Lexis menyatakan bahwa ia telah jatuh cinta dengan Indonesia dan lagu dangdut sejak kunjungannya ke Indonesia pada 2014 silam. Kala itu, ia berlibur di Bali selama beberapa bulan. Dua tahun kemudian, ia datang ke Indonesia dan tinggal selama beberapa bulan di Surabaya.

“Dalam salah satu perjalanan saya dengar lagu dangdut dan langsung jatuh cinta. Sejak itu saya selalu senang dengan segala sesuatu hal yang berkaitan dengan Indonesia, terutama lagu dangdut,” ujarnya.  Lagu – lagu yang ia sukai adalah karya dari Meggy Z dan Gombloh. Bahkan, mengakui diri sebagai penggemar berat Meggy Z, Lexis bahkan membuat tato di bahu kirinya bergambar hati dan keris dengan tulisan “Berdarah Lagi,” lagu yang pernah dipopulerkan oleh penyanyi tersebut.

Lexis ketika menato tubuhnya dengan judul lagu "Berdarah Lagi" (voaindonesia.com)
Lexis ketika menato tubuhnya dengan judul lagu "Berdarah Lagi" (voaindonesia.com)

Di sisi lain, Lexis mengungkapkan bahwa dangdut bukan sekedar lagu yang asyik dan menghibur, tapi juga medium baginya untuk memelajari Bahasa Indonesia.  “Banyak orang bilang bahasa Indonesia mudah dipelajari, tapi tidak buat saya. Susah buat saya belajar bahasa baru. Tapi saya suka musiknya. Jadi saya memutuskan untuk belajar bahasa lewat lagu. Dengan menyanyikan sebuah lagu pasti ada kata baru yang saya pelajari. Ini cara yang menyenangkan untuk belajar. Dan lagu-lagunya juga asik. Saya suka liriknya,’ jelas Lexis.

Lewat kanal youtube yang ia namai “Raja Dangdut dari Amerika,” Lexis menunjukkan kemahirannya berbahasa Indonesia lewat lagu – lagu yang dinyanyikan.  Perbendaharaan katanya pun semakin banyak, dan ia semakin percaya diri untuk berbahasa Indonesia. Terlebih ketika dukungan begitu banyak datang seiring dengan viralnya Lexis dan video – videonya bernyanyi lagu dangdut. Ia mengatakan bahwa kedepannya, akan banyak lagi video yang ia unggah untuk menghibur warganet, tentu saja dengan lagu – lagu dangdut yang menarik. Dangdut is the music of my country!  


Sumber:  VOA Indonesia

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu