Sebulan KKM, Mahasiswa Undar Sukses Kembangkan Potensi di 5 Desa Binaan

Sebulan KKM, Mahasiswa Undar Sukses Kembangkan Potensi di 5 Desa Binaan
info gambar utama

Universitas Darul 'Ulum Jombang resmi menutup pelaksanaan Program Kuliah Kerja Mahasiswa Tematik Periode Semester Ganjil 2017/2018 yang telah diselenggarakan selama 30 hari mulai 17 Januari 2018 hingga 17 Januari 2018 di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Jombang.

"Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Mahasiswa Tematik Universitas Darul 'Ulum Jombang periode Semester Ganjil 2017/2018 telah selesai dilaksanakan. Selama 30 hari mereka mengabdi di tengah tengah masyarakat kami lihat telah banyak berkontribusi pada pengembangan maupun peningkatan potensi di 5 desa lokasi KKM tersebut. " kata Kepala LPPM Universitas Darul 'Ulum, Agus Raikhani.

Sesuai dengan tema Peningkatan Kemandirian Desa melalui Program Kuliah Kerja Mahasiswa Tematik yang berbasis Pemberdayaan Keluarga dan Pengembangan Potensi Desa, telah berhasil menyusun berbagai program untuk masyarakat yang tersebar di 5 lokasi baik di Kabupaten Nganjuk maupun Kabupaten Jombang.

"Alhamdulillah selama sebulan pelaksanaan KKM, mahasiswa telah bekerja dengan sangat baik dan menunjukkan kontribusinya kepada masyarakat. Di Dusun Bendil, Desa Berbek, sesuai dengan problem yang ada disana mahasiswa berhasil membuat jamban keluarga dan melakukan diversifikasi pangan Ketela Pohon salah satu potensi di desa tersebut. Di Desa Kuncir, mahasiswa juga telah berhasil merenovasi masjid di salah satu dukuh terpencil yang telah diresmikan secara langsung oleh Rektor Universitas Darul 'Ulum. Di Desa Suru, mahasiswa juga telah menunjukkan kontribusinya dalam mengembangkan potensi Kunyit dan ditunjang dengan program program pendidikan maupun keagamaan" terang Ketua Pelaksana KKM Tematik Universitas Darul 'Ulum Jombang, Novy Setia Yunas.

Selain itu, Di Desa Kebonagung, Kecamatan Sawahan, mahasiswa KKM juga memperoleh apresiasi yang baik dari pemerintah desa maupun masyarakat sekitar atas keberhasilannya mengembangkan potensi desa wisata melalui penguatan UKM agar dapat berdaya saing dan pembuatan aplikasi SIMASY. Tak hanya di Kabupaten Nganjuk, di Desa Cupak, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Mahasiswa KKM pun tak kalah berhasilnya dalam mengembangkan desa ini sebagai Kampung KB serta melakukan pemberdayaan masyarakat dalam pengolahan diversifikasi pangan Jagung sebagai potensi perkebunan di daerah tersebut.

Keberhasilan pelaksanaan KKM Tematik Universitas Darul 'Ulum Jombang periode ini diharapkan semakin menunjukkan kontribusi kampus dalam pemberdayaan maupun peningkatan kualitas pembangunan sumber daya manusia di desa.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini