Indonesia selama ini dikenal memiliki stadion kebanggaan di Gelora Bung Karno, Jakarta. Namun di tahun 2020 mendatang akan ada satu lagi stadion yang bisa menjadi kebanggan Indonesia. Stadion tersebut terletak di Jayapura, Papua bernama Stadion Papua Bangkit. 

Sebagaimana diberitakan Kompas.com (18/2) stadion yang terletak di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua tersebut dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. Stadion ini rencananya akan menjadi tempat utama gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diadakan pada tahun 2020. 

 

Ein Beitrag geteilt von Stadion Papua Bangkit 🔵 (@stadionpapuabangkit) am

Stadion ini memiliki luas 71.697 meter persegi dengan luas lahan 13 hektar senilai Rp 1,3 Triliun. Nantinya stadion ini akan memiliki kapasitas 40.000 penonton yang memiliki fasilitas berbagai venue olahraga. 

Berdasarkan gambar desain bangunan stadion ini akan memiliki banyak elemen ukiran khas Papua dengan akses segitiga. Di bagian sisi kiri dan kanan stadion, ukiran tersebut akan menjadi identitas utama dengan tulisan Stadion Papua Bangkit di atasnya. Stadion ini telah dikerjakan sejak tahun 2016 dan ditargetkan selesai akhir tahun 2018. Stadion ini bahkan disebut-sebut memiliki kemegahan seperti Stadion Gelora Bung Karno. 

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya (PUPR) Endra S Atmawidjaya menjelaskan bahwa pihaknya juga membangun beberapa venue lain untuk PON XX 2020. "Sesuai instruksi presiden yang kam itangani adalah Istora, stadion renang (akuatik, lapangan kriket dan hoki. Sedangkan velodrom batal karena tidak jadi dipertandingkan," ujar Endra. 

Ada 1 komentar

Ayo ikutan juga