Hal Yang Harus Anda Tahu Mengenai Jet Tempur Rusia Su-35 yang Baru Saja Dibeli Indonesia

Hal Yang Harus Anda Tahu Mengenai Jet Tempur Rusia Su-35 yang Baru Saja Dibeli Indonesia
info gambar utama

Indonesia baru saja menyelesaikan pembelian 11 unit Sukhoi Su-35 senilai satu milyar dolar Amerika dari Rusia.

Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan Indonesia, Totok Sugiharto pada Sabtu lalu, kontrak tersebut dengan nilai total sebesar 1.14 milyar dolar Amerika, telah selesai disepakati oleh perwakilan dari masing-masing negara di Jakarta.

Foto: DefenceTalk
info gambar

"2 unit jet Sukhoi akan dikirim pada bulan Agustus 2018," tambahnya, menekankan bahwa 6 unit lainnya akan dikirimkan 18 bulan setelah kontrak tersebut efektif, dan 3 sisanya akan dikirimkan 5 bulan setelahnya.

Indonesia dan Rusia menandatangani nota kesepahaman mengenai pertukaran 11 jet Sukhoi buatan Rusia dengan komoditas utama, seperti minyak kelapa sawit, kopi dan teh, pada bulan Agustus tahun lalu, seperti yang disebutkan oleh perwakilan Indonesia hal ini merupakan sebuah kesempatan untuk memanfaatkan sanksi internasional terhadap Moskow.

Mengutip dari salah satu media Indonesia, Menteri Pertahanan Indonesia, Jenderal Ryamizard Ryacudu, akan berkunjung ke Moskow pada bulan Maret untuk menandatangani persetujuan akhir.

Jet Tempur Su 35 | Foto: Yuri Smityuk/TASS
info gambar

Pengumuman pada Sabtu (17/02/18) tidak menyebutkan bentuk pembayaranya.

Bagaimana dengan jet tempur tersebut yang setidaknya anda patut tahu? Seasia telah mengumpulkan beberapa fakta ringan mengenai jet tersebut:

# Jet Su-35 merupakan Generasi Rusia 4 ++ multirole supersonik super-manuver tempur dikembangkan sebagai pengembangan dari pesawat Su-27 satu kursi.

# Karya modifikasi Su-27 yang mampu mendeteksi dan menyerang target darat (yaitu, karya jet tempur multirole penuh) dimulai di Biro Desain Sukhoi kembali pada pertengahan 1980an.

# Penerbangan pertama Su-27M (yang namanya berganti nama menjadi Su-35) berlangsung pada tanggal 1 April 1992.

# Dengan desain aerodinamisnya, Su-35 merupakan pesawat dengan dua mesin dengan sayap peralatan roda tiga yang dapat ditarik dengan penyangga gigi hidung.

Foto: TASS news agency
info gambar

# Pesawat tersebut memiliki panjang 21.95 meter, lebar sayap 14.75 meter dan tinggi 5.92 meter.

# Jet tempur memiliki berat lepas landas maksimal 34.500 kg, dengan kecepatan maksimum 2.500 km / jam (2,35 Mach), jangkauan terbang maksimum 3.600 km tanpa tangki bahan bakar eksternal dan 4.500 km dengan tangki bahan bakar eksternal.

# Jet tempur tersebut memiliki service ceiling setinggi 18.000 meter.

# Radarnya dapat mendeteksi target pada jarak hingga 400 km dan melacak 30 target udara pada satu waktu. Awak terdiri dari satu pilot.

# 12 titik berat jet tempur dapat membawa rudal udara-ke-udara dan udara ke permukaan, dan juga roket dan bom udara dari berbagai kaliber. Pesawat ini memiliki muatan senjata maksimal 8 ton. Ini dipersenjatai senapan GSh-30-1 30mm (dengan beban amunisi 150 ronde).


Sumber: Diterjemahkan dari Seasia.co

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini