Airports Council International (ACI) baru-baru ini merilis pemeringkatan resmi mereka untuk penghargaan Kualitas Layanan Bandara (Airport Service Quality - ASQ), yang menentukan bandara-bandara mana saja di seluruh dunia yang menawarkan pengalaman pelayanan dan pengalaman terbaik kepada para pemakai layanan bandara.

Untuk pertama kalinya, tahun ini ada 16 di daftar para pemenang tahun ini. Hal ini mencerminkan meningkatnya persaingan dan perhatian terhadap layanan di bandara di seluruh dunia.

Penghargaan Kualitas Layanan Bandara (Airport Service Quality - ASQ) didasarkan pada beberapa aspek termasuk penilaian penumpang, persepsi, jenis lalu lintas udara, ukuran, wilayah, indikator kinerja seperti screaning keamanan, layanan check-in, kenyamanan toilet dan layanan lainnya. Hampir 74 persen dari 100 bandar udara tersibuk di dunia merupakan bagian dari jaringan ASQ.

ACI yang melakukan survei tersebut merupakan asosiasi dagang dari 1.953 bandara anggota di 176 negara. Pemeringkatan dibagi dalam beberapa kategori, seperti dilaporkan dari website ACI.nero, yang paling detail memang pemeringkatan berdasarkan jumlah penumpang bandara.

  • Bandara berpenumpang > 40 juta/ tahun

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

  • Bandara dengan 25-40 juta penumpang / tahun

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

  • Bandara dengan penumpang 15-25 juta /tahun

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

  • bandara berpenumpang 5-15 juta / tahun
  • Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
  •  Bandara 2 -5 juta penumpang / tahun

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Seperti terlihat dalam daftar, ada 4 bandara di Indonesia yang merangsek di dalamnya, termasuk menjadi yang terbaik di kategorinya. Mereka adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, dan Bandara Hussein Sastranegara Bandung. 

Selamat. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu