Keindahan Alam yang Bisa Anda Temukan di Indonesia Timur

Keindahan Alam yang Bisa Anda Temukan di Indonesia Timur
info gambar utama

Mungkin banyak yang lupa kalau Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki segudang "surga" alam yang jarang dieksplor. Tak perlu jauh-jauh ke Phi Phi Island atau Koh Lipe di Thailand, karena Indonesia pun memiliki destinasi yang sama indahnya.

Indonesia bagian Timur merupakan daerah wisata yang masih belum banyak dijamah. Tidak hanya Raja Ampat di Papua, kepulauan di Maluku pun juga memiliki banyak sekali pantai yang bisa Anda coba. Berikut kami sajikan beberapa surga tersembunyi di Indonesia Timur yang mungkin dapat menggugah hati Anda untuk bepergian ke sana.

Pantai Ngurfatur, Maluku

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Secara sekilas, Anda mungkin mengira pantai ini seperti pantai-pantai di Maldives. Namun sebenarnya Indonesia memiliki berkah alam yang sama indahnya. Terletak di Kabupaten Maluku Tenggara, pantai ini memiliki pasir timbul yang memanjang hingga 2 kilometer ke tengah laut. Dengan air yang tenang, Anda bisa bersantai dan menikmati halusnya pasir pantai Ngurfatur ini. Jika datang di waktu yang tepat, Anda akan bisa melihat kawanan pelikan yang sedang bermigrasi dan singgah di pulau tersebut.

Jaya Wijaya

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Bagi para pendaki gunung, Jaya Wijaya pasti menjadi salah satu puncak yang masuk ke dalam wishlist yang harus ditaklukan. Dianggap sebagai salah satu pendakian tersulit di dunia, Jaya Wijaya tidak pernah kehilangan pesonanya. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Sapporo, Japan jika ingin melihat salju, karena puncak Jaya Wijaya tertutupi oleh salju setinggi 24,8 meter. Satu-satunya salju yang ada di negara tropis seperti Indonesia. Memang untuk menikmati salju ini Anda harus mendaki yang harus didampingi dengan pendaki profesional. Namun perlulah dicoba jika Anda siap untuk menggapai mimpi menaklukan gunung ini.

Labuan Bajo

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Destinasi yang berada di Nusa Tenggara Timur ini pasti sudah tidak asing di telinga. Labuan Bajo juga memiliki kekayaan alam yang patut untuk dieksplor. Labuan bajo dulunya adalah sebuah kota kecil di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang sekarang sudah mulai berkembang dan terkenal ke mancanegara. Semenjak Komodo dinobatkan sebagai 7 Keajaiban Dunia Terbaru, Labuan Bajo mulai ramai didatangi turis-turis asing dan domestik.

Bunaken National Park

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Sebagai salah satu surga menyelam di dunia, Bunaken memiliki pesonanya sendiri dengan menawarkan pemandangan kehidupan di bawah laut. Sejauh mata memandang dari kota Manado, Taman Laut Bunaken mudah dilihat karena Gunung Manado Tuanya bisa dilihat dari kejauhan. Di sini Anda bisa menikmati snorkeling dan diving dan melihat biota laut yang indah.

Perjalanan ke Indonesia bagian Timur memang kadang lebih mahal dan lebih lama dibandingkan ke negara tetangga. Tapi bukankah amat disayangkan bila keindahan ini tidak kita syukuri dengan mengunjungi dan memberikan kontribusi wisata terhadap penduduk lokal di sana? Selamat berjalan-jalan.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini