4 Kawasan Ekonomi Khusus Baru yang Siap Beroperasi Tahun Ini

4 Kawasan Ekonomi Khusus Baru yang Siap Beroperasi Tahun Ini

© Jakub Skafiriak / unsplash.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Demi menarik minat investor mengembangkan perekonomian di berbagai daerah pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Pada tahun 2018 ini, ditargetkan akan terdapat empat KEK baru yang siap untuk diluncurkan. Empat kawasan tersebut dinilai telah siap untuk disertifikasi segera.

Sebagaimana diberitakan CNN Indonesia (19/3) empat KEK baru tersebut adalah KEK Tanjung Api-Api di Palembang, KEK Batuta Trans Kalimantan di Kutai Timur (MBTK), KEK Bitung di Sulawesi Utara, dan KEK Morotai di Halmahera Maluku. Sertifikasi pun mulai dilakukan untuk mulai mengembangkan kawasan ekonomi baru tersebut, sertifikasi yang dimaksud adalah sertifikasi lahan yang menjadi elemen penting dari kawasan ekonomi khusus.

"Untuk Bitung kami harap sertifikatnya akan lengkap dalam satu hingga dua bulan, artinya sertifikatnya sudah lengkap. Sementara MBTK akan kami resmikan maksimal dalam waktu dua hingga tiga bulan," ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Darmin pun menjelaskan bahwa pertengahan tahun 2018 ini keempat KEK tersebut diharapkan sudah dapat beroperasi. "Tahun ini semuanya selesai," tekannya.

Keempat KEK baru tersebut merupakan kawasan ekonomi yang telah direncanakan sejak tahun 2014. Saat kawasan ekonomi khusus telah disertifikasi secara tuntas, berbagai aktifitas ekonomi di lokasi tersebut akan memiliki berbagai keuntungan dan keistimewaan. Seperti kemudaan fiskal libur pajak (tax holiday) dan keringanan pajak (tax allowance). Angkanya pun cukup signifikan, bisa mencapai 20 persen hingga 100 persen.

Di Indonesia sendiri, kawasan ekonomi khusus telah ada 12 lokasi termasuk empat yang akan diresmikan tahun ini. KEK tersebut antara lain KEK Tanjung Lesung di Banten, KEK Tanjung Kelayang di Belitung, KEK Sorong di Papua Barat, KEK Balang Batang, KEK Arun Lhokseumawe di Aceh, KEK Mandalika, KEK Palu, dan KEK Sei Mangkei di Simalungun.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga30%
Pilih SedihSedih10%
Pilih SenangSenang28%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi14%
Pilih TerpukauTerpukau10%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Buah Pala Pulau Banda: Dari Kesultanan Ustmaniyah hingga Tujuh Sapi Jantan Besar Sebelummnya

Buah Pala Pulau Banda: Dari Kesultanan Ustmaniyah hingga Tujuh Sapi Jantan Besar

Naila Novaranti Raih Penghargaan MURI Usai Terjun Payung di 7 Benua Selanjutnya

Naila Novaranti Raih Penghargaan MURI Usai Terjun Payung di 7 Benua

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.