Menuju Tempe Sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO

Menuju Tempe Sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO

Tempe goreng © Foto: Nesia.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Olahan makanan berbahan dasar kedelai yang dikenal dengan nama Tempe ini akan didaftarkan sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO pada tahun 2021 mendatang.

Ketua Forum Tempe Indonesia, Made Astawan menyebutkan untuk dapat mewujudkan hal tersebut maka Tempe harus diakui dan diterima dulu sebagai warisan budaya nasional.

"Kita harus bersyukur bahwa tempe baru saja diterima dan ditetapkan Indonesia sebagai warisan budaya nasional pada Oktober tahun lalu sehingga siap untuk maju ke UNESCO pada 2021 untuk mendapat pengakuan," katanya di sela-sela Soy Insight kepada Tempo - 13th SE-Asia Soy Food Symposium, Selasa, 20 Maret 2018).

Tempe | Foto: Wikipedia
Tempe | Foto: Wikipedia

Menurut Astawan, dengan dijadikannya Tempe sebagai Warisan Budaya Dunia dari UNESCO, warga Indonesia, khususnya pemuda-pemuda kreatif akan menciptakan banyak inovasi baru berbahan dasar tempe sehingga dapat menjadi populer.

"Contohnya, sejak batik diakui oleh UNESCO pada 2009 silam, generasi muda di Indonesia telah menunjukkan antusiasme yang tinggi untuk mengenakan batik," tambahnya.

Ia mengutarakan harapannya bagi pemuda Indonesia untuk dapat berpartisipasi dan menunjukkan antusiasme yang besar untuk mengkonsumsi tempe, tersedia di menu-menu restoran, hotel, termasuk menu makanan di pesawat, dan diterima di beberapa negara lain seperti Jepang, Inggris, dan Amerika.

"Kami yakin Indonesia yang diterima, karena kami punya bukti yang kuat, ada di buku serat chentini yang menunjukkan bahwa tempe sudah dikenal sejak abad ke-16," katanya.

Kedepannya Indonesia harus mampu untuk memproduksi tempe dengan kualitas yang baik sehingga mampu bersaing dengan standar Internasional.

"Membuat tempe tidaklah susah dan mahal, namun cukup susah untuk memenuhi standar. Maka dari itu penting untuk meningkatkan kualitas produksi, seperti mengenakan sarung tangan atau menggunakan baskom stainless steel," tambahnya lagi.

Foto: Desire to eat
Foto: Desire to eat

Agustinus Ngadiman, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya menyebutkan Tempe patut diakui sebagai warisan budaya dunia mengingat keberadaannya di Indonesia punya bukti dan sejarah panjang.

"Tempe selalu digunakan sebagai simbol tradisi. Di Yogyakarta dan Sleman, tempe menjadi bagian dari tumpeng pada acara-acara khusus.

Saat ini, hanya 30% dari total kedelai yang digunakan berasal dari petani lokal, sedangkan 70 persen merupakan hasil impor. Ngadiman berharap pemerintah peduli terhadap warisan budaya ini, salah satunya meningkatkan produksi kedelai lokal agar tidak ketergantungan dengan impor.


Sumber: Tempo

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli10%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi6%
Pilih TerpukauTerpukau6%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Menikmati Keindahan Pantai Dan Laut Di Pulau Sepa Sebelummnya

Menikmati Keindahan Pantai Dan Laut Di Pulau Sepa

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja Selanjutnya

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

1 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.