12 Gerbong MRT Dari Jepang Sudah Tiba di Tanah Air

12 Gerbong MRT Dari Jepang Sudah Tiba di Tanah Air
info gambar utama

Setelah mengarungi lautan selama hampir 30 hari, dan beberapa kali molor dari jadwal kedatangan, dua trainset atau rangkaian kereta (dua belas kereta) MRT Jakarta akhirnya tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta hari ini. Kereta MRT yang dikirim dari Pelabuhan Toyohashi di Jepang itu tiba di Priok pada subuh pagi tadi.

Demikian dikutip detikFinance dari keterangan resmi PT MRT Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Adapun proses penurunan kereta dari kapal kargo telah dilakukan hari ini Kamis, 5 April 2018 dan dilanjutkan untuk proses pengiriman ke Depo Lebak Bulus.

Sumber: PT. MRT Jakarta
Sumber: PT. MRT Jakarta

Guna memastikan proses pengiriman berjalan lancar, PT MRT Jakarta telah melakukan serangkaian uji coba dan simulasi pengiriman sejak Februari 2018 lalu. Sesuai dengan simulasi yang telah dilakukan sebelumnya, kereta MRT Jakarta akan dibawa menggunakan truk container multi axle dengan 96 roda. Perjalanan menuju Depo Lebak Bulus diperkirakan akan berlangsung selama empat jam dan menempuh jarak 44,5 km.

Proses pengiriman akan berlangsung hingga tanggal 8 April 2018 dilakukan setiap pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB untuk mengurangi dampak kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan.

Kereta tersebut kemudian akan dirakit dan siap untuk diujicobakan. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi perhatian tim MRT Jakarta dalam proses pengangkutan kereta nanti.

Pertama, beberapa papan penunjuk arah di jalan tol yang letaknya lebih rendah dari tinggi kereta. Kedua, lebar pintu tol di beberapa titik, dan ketiga, pepohonan di sekitar kawasan Lebak Bulus.

Kereta MRT Jakarta adalah kereta baru yang dibuat oleh perusahaan kereta api Nippon Sharyo, Jepang.

Sumber: PT. MRT Jakarta
Sumber: PT. MRT Jakarta

Untuk empat belas set rangkaian berikutnya akan mulai dikirim pada akhir Juni dan ditargetkan pada akhir Oktober seluruh enam belas set rangkaian kereta MRT Jakarta akan tiba di Jakarta dan disiapkan untuk mengikuti rangkaian proses trial run.

Pada fase 1 ini, PT MRT Jakarta menyiapkan enam belas set rangkaian kereta di mana empat belas set rangkaian akan di operasikan dan dua set akan disiagakan sebagai cadangan. MRT Jakarta akan beroperasi pada pukul 05.00 hingga 24.00 WIB dengan rentang waktu antar kereta lima menit pada jam sibuk.


Sumber: DetikFinance

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini