[Foto] Intip Interior Kereta MRT Jakarta

[Foto] Intip Interior Kereta MRT Jakarta
info gambar utama

Kemacetan ibukota sudah bukan lagi hal baru yang meresahkan penduduk Jakarta. Padatnya jalan raya oleh alat transportasi baik milik pribadi dan umum telah memakan efisiensi waktu yang termakan habis oleh kemacetan tersebut.

Terobosan demi terobosan, solusi demi solusi dibuat demi mengurai kepadatan tersebut. Salah satunya adalah proyek MRT, yang sebagian gerbongnya telah tiba di Jakarta semalam.

Meskipun seluruh proses proyek MRT Jakarta ini baru bisa kita coba sekitar 330 hari lagi sesuai dengan yang dijanjikan oleh PT. MRT Jakarta melalui laman resminya, tetapi tidak harus menunggu selama itu untuk kita mengetahui bagaimana sesungguhnya bagian dalam dari kereta MRT tersebut.

PT. MRT Jakarta merilis beberapa gambar di laman resminya seperti yang sudah dirangkum oleh detikFinance. Mari kita intip interior dari kereta MRT tersebut:

Dikutip dari situs resmi MRT Jakarta pada laman jakartamrt.co.id, Senin (19/2/2018), tampilan depan kereta MRT tersebut tampil modern dengan dominasi warna biru yang menyelimuti sebagian besar permukaan kereta. Warna kereta ini tampak sama sekali berbeda dengan desain awal yang sebelumnya berwarna hijau dan sempat disebut seperti jangkrik | Sumber: Pool/MRT Jakarta.
Dikutip dari situs resmi MRT Jakarta pada laman jakartamrt.co.id, Senin (19/2/2018), tampilan depan kereta MRT tersebut tampil modern dengan dominasi warna biru yang menyelimuti sebagian besar permukaan kereta. Warna kereta ini tampak sama sekali berbeda dengan desain awal yang sebelumnya berwarna hijau dan sempat disebut seperti jangkrik | Sumber: Pool/MRT Jakarta.
Kereta baru MRT Jakarta ini memiliki dimensi panjang 20 meter, lebar 2,9 meter dan tinggi 3,9 meter, serta terbuat dari bahan baja anti karat. Pool/MRT Jakarta.
Kereta baru MRT Jakarta ini memiliki dimensi panjang 20 meter, lebar 2,9 meter dan tinggi 3,9 meter, serta terbuat dari bahan baja anti karat | Sumber: Pool/MRT Jakarta.
Di dalam kereta akan tersedia tempat duduk yang terbuat dari material berbahan fiber reinforced plastik yang tahan api, dengan lebar 430 mm, kedalaman 420 mm. Kereta juga dilengkap jendela berupa fix window dan opening window (dapat diturunkan) yang bisa menyerap panas | Sumber: Pool/MRT Jakarta.
Di dalam kereta akan tersedia tempat duduk yang terbuat dari material berbahan fiber reinforced plastik yang tahan api, dengan lebar 430 mm, kedalaman 420 mm. Kereta juga dilengkap jendela berupa fix window dan opening window (dapat diturunkan) yang bisa menyerap panas | Sumber: Pool/MRT Jakarta.
Sejumlah fitur yang terdapat di dalam kereta di antaranya pendingin ruangan, dua CCTV per kereta, bagasi di atas kursi prioritas, passanger information display, tuas pembuka pintu darurat, intercom, alat pemadam api ringan, pintu darurat di ruang masinis, area kursi roda dan lainnya. Akses ke sinyal telekomunikasi juga nanti akan disediakan untuk jalur yang melewati area terowongan | Sumber: Pool/MRT Jakarta.
Sejumlah fitur yang terdapat di dalam kereta di antaranya pendingin ruangan, dua CCTV per kereta, bagasi di atas kursi prioritas, passanger information display, tuas pembuka pintu darurat, intercom, alat pemadam api ringan, pintu darurat di ruang masinis, area kursi roda dan lainnya. Akses ke sinyal telekomunikasi juga nanti akan disediakan untuk jalur yang melewati area terowongan | Sumber: Pool/MRT Jakarta.
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Adapun operasional kereta MRT Jakarta fase I akan memlili 16 set rangkaian kereta, di mana setiap 1 set rangkaian terdiri dari 6 kereta. Setiap kereta bisa menampung hingga 332 orang atau 1.950 orang per rangkaian. Kecepatan maksimum kereta mencapai 100 km/jam (rata-rata operasional 35 km/jam) | Sumber: Pool/MRT Jakarta.


Sumber: DetikFinance

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini