Provinsi Jawa Timur Berpartisipasi dalam Pameran Pariwisata Terbesar di Azerbaijan

Provinsi Jawa Timur Berpartisipasi dalam Pameran Pariwisata Terbesar di Azerbaijan
info gambar utama

Baku – Pameran travel dan pariwisata terbesar yang diadakan di kota Baku, Azerbaijan, bertajuk Azerbaijan International Travel and Tourism Fair (AITF) telah dibuka pada 5 April 2018 dan akan berlangsung hingga 7 April 2018. Dalam pameran yang diikuti oleh 13 negara serta puluhan perusahaan yang bergerak di bidang travel dan pariwisata ini, Indonesia menjadi salah satu partisipan yang diwakili oleh Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ekspo tahunan ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Azerbaijan, Ilham Aliyev. Hadir dalam kesempatan yang sama Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, SH, MHum dan Ketua DPRD Jawa Timur, h. Abdul Halim Iskandar, M.Pd beserta delegasi provinsi Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur mempromosikan wisata halal juga berbagai destinasi wisata khas Jawa Timur seperti Gunung Bromo, Batu Secret Zoo, wisata pantai dan lainnya. Bekerjasama dengan KBRI Baku, booth Provinsi Jawa Timur mempromosikan beragam budaya Indonesia lainnya juga seperti menampilkan tarian Gemufamire, Yapong, Sajojo, Indang, dan tari Piring.

Kegiatan AITF ini dilangsungkan bersamaan dengan kegiatan Konferensi Tingkat Menteri Gerakan Non-Blok) yang juga dilaksanakan di kota Baku, dan diikuti oleh 120 negara anggota GNB. Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M. Fachir dan Dubes RI Baku, Husnan Bey Fananie melakukan kunjungan ke booth Indonesia di ajang AITF.

“Dalam pameran AITF Ini kita memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Eropa Timur, Asia Tengah, dan negara-negara yang berada di wilayah Kaukasus. Indonesia sebagai salah satu negara Asia terbesar yang merupakan negara superpower di bidang budaya, maka Indonesia memiliki kewajiban hadir untuk setiap kegiatan yang ada di dunia,” Ujar Dr. H. Husnan Bey Fananie, MA, Duta Besar RI untuk Azerbaijan pada 5 April 2018 di Baku Expo Centre.

“Apalagi acara tersebut terkait langsung dengan keindahan alam Indonesia, budaya Indonesia, pluralisme Indonesia dan multikulturalisme Indonesia.” Diharapkan dengan partisipasi Indonesia dalam ajang pameran yang juga melibatkan negara lainnya seperti Georgia, Italia, Maroko, Thailand, Turki, Republik Ceko, Rusia, Slovenia, Bulgaria dan lainnya ini, popularitas Indonesia yang kaya akan destinasi wisata bisa semakin dikenal dalam komunitas internasional.

“KBRI Baku memfasilitasi pengembangan dibidang perdagangan, promosi pariwisata dan investasi, maka dalam konteks ini kami merasa perlu untuk Indonesia yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Provinsi Jawa Timur untuk dapat mengambil kesempatan mempromosikan apa yang Indonesia miliki. Terutama juga karena AITF merupakan ajang promosi pariwisata terbesar yang ada di Azerbaijan,” Ujar Meita Timoer Poerwonggo, PF Ekonomi KBRI Baku pada kesempatan yang sama.


Sumber: KBRI Baku

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini