Darah Daging Indonesia Yang 'Terlewatkan'

Darah Daging Indonesia Yang 'Terlewatkan'
info gambar utama

Siapa diantara kita yang pernah mendengar Cocos Islands?

Mungkin tak banyak orang Indonesia yang tahu letaknya, apalagi apa yang 'terkandung' di pulau tersebut. Saya pernah bertanya kepada salah seorang pengajar di jurusan hubungan internasional di sebuah kampus ternama di Indonesia, dan beliau pun tak tahu, pun tak pernah pula mendengarnya. Inilah salah satu tempat 'penting' bagi kita, bangsa Indonesia, namun mungkin yang paling terlewatkan.

Cocos island | cocoscoop.cc
info gambar

Kita pernah mendengar bagaimana diaspora Indonesia bertebaran dari Suriname, Sri Lanka, hingga Afrika Selatan. Atau Thailand, Vietnam, atau Belanda. Namun tidak dengan tempat ini. Padahal, ini juga darah daging Indonesia. Cocos Islands adalah kepulauan kecil yang terdiri dari 27 pulau koral dan 2 pulau atol, terletak sekitar 1000 km dari Jakarta, yakni sebelah selatan Pulau Jawa di Samudra Hindia, dan 2800 km dari Perth, Australia. Penduduknya sekitar 600-an orang. Cocos Islands masuk dalam teritori negara Australia sejak 1955 setelah sebelumnya dikuasai Inggris, dan Sri Lanka.

Baca juga: Jarang Terdengar, Inilah Dua Pulau Unik di Indonesia

"Maju Pulu Kita" wikia.nocookie

Nah, yang unik dari pulau ini adalah bahwa 90% penduduknya adalah muslim, dan beretnis Jawa dan Melayu. Betul, mereka adalah keturunan para pekerja yang didatangkan oleh Inggris dari Jawa pada abad 19, untuk bekerja di perkebunan di sana. Konon, para keturunan Jawa ini masih memegang budaya Jawanya, bahkan di antara golongan tuanya, masih ada (mungkin sedikit) yang masih bisa berbahasa Jawa.

Anak-anak Cocos island | worldatlas.com
info gambar

Bahkan, di dalam logo kepulauan tersebut, terdapat tulisan berbahasa Indonesia “Maju Pulau Kita”. Tidak hanya itu, wayang kulit pun diadopsi menjadi gambar di perangko nasional Australia. Dulunya, wayang-wayang yang dibuat di Cocos itu mereka buat dari kulit hiu kering, sedangkan dalang terakhir mereka Mbah Itjang meninggal pada tahun 1949.

Baca Juga: Jadi Makanan Favorit Suzanna, Inilah Ragam Sate dari Pulau Jawa (Bagian 1)

Lokasi Cocos island | travelquaz
info gambar

Pemerintah Australia secara tegas mewajibkan penggunaan Bahasa Inggris di sekolah-sekolah di pulau tersebut, bahkan konon anak-anak yang masih menggunakan bahasa asli mereka, dulunya dihukum. Wallahualam. Banyak orang Jawa yang bahkan tidak pernah tahu keberadaan saudara-saudara mereka di pulau kecil nan terpencil ini, yang saya tahu, beberapa tahun lalu ada rombongan turis dari Malaysia yang berwisata ke pulau ini. Wajar saja, karena keturunan melayu Malaysia juga banyak.

Cocos Island Perangko tahun 1996 | alamy.com
info gambar

Kedatangan mereka, tentu saja menjadi obat rindu etnis Jawa atau Melayu disana yang begitu jauh terpisah dari mana-mana, dan jarang bertemu orang dari luar wilayah mereka. Kita sering mendengar dan mempelajari Suriname, tentu saja, dimana banyak keturunan Jawa yang ada di sana.

Namun, kita seolah melupakan saudara kita di selatan sana. Kalau ada waktu, kalau ada dana, visit Cocos Islands.

Baca Juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini