Malang Film Festival (MAFI Fest) merupakan festival film di Indonesia yang digagas oleh mahasiswa aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Studi Sinematografi Universitas Muhammadiyah Malang (Kine Klub UMM). MAFI Fest berhasil menjadi salah satu finalis AFI (Apresiasi Film Indonesia) dengan kategori “Penyelenggara Film terbaik tingkat lokal maupun nasional” pada tahun 2015 dan 2016. Dalam pelaksanaannya tetap konsisten diselenggarakan di bulan April sejak tahun 2004. Selama 14 tahun MAFI Fest menjadi wadah bagi filmmaker tingkat mahasiswa dan pelajar yang ada di Indonesia untuk berkompetisi, sekaligus mengapresiasi karya-karya mereka dengan menjadi titik temu antara filmmaker dan juga penonton.

Selama 3 bulan penerimaan karya dari bulan November 2017-Februari 2018 Mafi Fest 2018 telah menerima karya film pendek dari seluruh Indonesia sebanyak 416 film. Setelah proses kurasi yang panjang akhirnya terpilihlah 25 film pendek yang lolos dan disuguhkan kepada para penonton. Film Kompetisi yang terpilih terdiri dari 5 Film Fiksi Pendek Pelajar, 8 Film Fiksi Pendek Mahasiswa, 6 Film Dokumenter Pendek Pelajar, 6 Film Dokumenter Pendek Mahasiswa. 

Juri-juri Profesional tidak lupa dihadirkan pada tahun ini untuk memilih Jawara dari setiap kategori yang ada di Mafi Fest 2018 nantinya. Ada beberapa juri disetiap kategori yang dikompetisikan. Di kategori Film Fiksi yaitu Panji Wibowo, Lulu Ratna, dan Tunggul Banjaransari. Sedangkan di kategori Film Dokumenter ada Tonny Trimarsanto, Oline Monteiro, dan Nashiru Setiawan. Diharapkan dengan hadirnya juri-juri ini mampu terpilih film-film yang berkualitas dari Mafi Fest 2018 tahun ini.

Film Undian karya Fitriana Lestari yang di ambil dari kategori Film Fiksi Pendek Mahasiswa diputarkan sebagai penutup pada rangkaian pembukaan Mafi Fest pada Rabu, 4 April lalu.

Segala rangkaian yang diselenggarakan, akhirnya pada Sabtu (7/4/18) merupakan Malam Penganugerahan Mafi Fest 2018 yang berlangsung sangat meriah di landasan helikopter UMM, diramaikan dengan orang yang datang baik masyarakat umum maupun para sineas, mereka penasaran akan siapa yang menyandang jawara di tahun ini.

Berikut adalah pemenang film-film pemenang Mafi Fest 2018 dari keempat kategori yang ada:

  • “Ali” karya Ira Sanjaya, pemenang kategori Dokumenter Pendek Pelajar
  • “Ojek Lusi” karya Winner Wijaya, pemenang kategori Dokumenter Pendek Mahasiswa
  • “Melawan Arus” karya Eka Saputri, pemenang Fiksi Pendek Pelajar
  • “15,7 km” karya Rian Apriansyah, pemenang Fiksi Pendek Mahasiswa

Lulu Ratna salah satu Juri merasa bangga dan mengatakan bahwa pemenang tahun ini adalah film-film yang paling berhasil dalam berbahasa visual untuk menyampaikan pesannya. “Kebetulan saya nonton semua film yang masuk, dan saya senang. Kita itu harus tahu bahwa film itu punya bahasa visual. Para pemenang ini adalah yang paling bisa berbahasa visual. Cukup dengan gesture dan shot yang bergerak mereka mampu menyampaikan pesan. Ke empat film ini adalah yang paling berhasil,” ujar Lulu yang juga merupakan pengamat festival.


Sumber: Press release Mafi Fest 2018

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu