4 dari 416 Karya Film Terpilih Sebagai Film Karya Terbaik di Mafi Fest

4 dari 416 Karya Film Terpilih Sebagai Film Karya Terbaik di Mafi Fest

Penyerahan Penghargaan Kepada Jawara MAFI Fest 2018 © Foto: MAFI Website

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Malang Film Festival (MAFI Fest) merupakan festival film di Indonesia yang digagas oleh mahasiswa aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Studi Sinematografi Universitas Muhammadiyah Malang (Kine Klub UMM). MAFI Fest berhasil menjadi salah satu finalis AFI (Apresiasi Film Indonesia) dengan kategori “Penyelenggara Film terbaik tingkat lokal maupun nasional” pada tahun 2015 dan 2016. Dalam pelaksanaannya tetap konsisten diselenggarakan di bulan April sejak tahun 2004. Selama 14 tahun MAFI Fest menjadi wadah bagi filmmaker tingkat mahasiswa dan pelajar yang ada di Indonesia untuk berkompetisi, sekaligus mengapresiasi karya-karya mereka dengan menjadi titik temu antara filmmaker dan juga penonton.

Selama 3 bulan penerimaan karya dari bulan November 2017-Februari 2018 Mafi Fest 2018 telah menerima karya film pendek dari seluruh Indonesia sebanyak 416 film. Setelah proses kurasi yang panjang akhirnya terpilihlah 25 film pendek yang lolos dan disuguhkan kepada para penonton. Film Kompetisi yang terpilih terdiri dari 5 Film Fiksi Pendek Pelajar, 8 Film Fiksi Pendek Mahasiswa, 6 Film Dokumenter Pendek Pelajar, 6 Film Dokumenter Pendek Mahasiswa.

Juri-juri Profesional tidak lupa dihadirkan pada tahun ini untuk memilih Jawara dari setiap kategori yang ada di Mafi Fest 2018 nantinya. Ada beberapa juri disetiap kategori yang dikompetisikan. Di kategori Film Fiksi yaitu Panji Wibowo, Lulu Ratna, dan Tunggul Banjaransari. Sedangkan di kategori Film Dokumenter ada Tonny Trimarsanto, Oline Monteiro, dan Nashiru Setiawan. Diharapkan dengan hadirnya juri-juri ini mampu terpilih film-film yang berkualitas dari Mafi Fest 2018 tahun ini.

Film Undian karya Fitriana Lestari yang di ambil dari kategori Film Fiksi Pendek Mahasiswa diputarkan sebagai penutup pada rangkaian pembukaan Mafi Fest pada Rabu, 4 April lalu.

Segala rangkaian yang diselenggarakan, akhirnya pada Sabtu (7/4/18) merupakan Malam Penganugerahan Mafi Fest 2018 yang berlangsung sangat meriah di landasan helikopter UMM, diramaikan dengan orang yang datang baik masyarakat umum maupun para sineas, mereka penasaran akan siapa yang menyandang jawara di tahun ini.

Berikut adalah pemenang film-film pemenang Mafi Fest 2018 dari keempat kategori yang ada:

  • “Ali” karya Ira Sanjaya, pemenang kategori Dokumenter Pendek Pelajar
  • “Ojek Lusi” karya Winner Wijaya, pemenang kategori Dokumenter Pendek Mahasiswa
  • “Melawan Arus” karya Eka Saputri, pemenang Fiksi Pendek Pelajar
  • “15,7 km” karya Rian Apriansyah, pemenang Fiksi Pendek Mahasiswa

Lulu Ratna salah satu Juri merasa bangga dan mengatakan bahwa pemenang tahun ini adalah film-film yang paling berhasil dalam berbahasa visual untuk menyampaikan pesannya. “Kebetulan saya nonton semua film yang masuk, dan saya senang. Kita itu harus tahu bahwa film itu punya bahasa visual. Para pemenang ini adalah yang paling bisa berbahasa visual. Cukup dengan gesture dan shot yang bergerak mereka mampu menyampaikan pesan. Ke empat film ini adalah yang paling berhasil,” ujar Lulu yang juga merupakan pengamat festival.


Sumber: Press release Mafi Fest 2018

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga48%
Pilih SedihSedih4%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli9%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi9%
Pilih TerpukauTerpukau13%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pulau Putri Adalah Perjalanan Wisata Pulau Seribu Sebelummnya

Pulau Putri Adalah Perjalanan Wisata Pulau Seribu

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja Selanjutnya

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.