Peringkat Terbaru. Bandara-bandara Tersibuk di Dunia

Peringkat Terbaru. Bandara-bandara Tersibuk di Dunia
info gambar utama

Pusat gravitasi dunia penerbangan terus mengalami pergeseran ke arah timur, di mana Tiongkok dan India siap untuk menjadi salah satu dari tiga pasar perjalanan udara terbesar di dunia pada tahun 2020 karena meningkatnya pendapatan di negara-negara tersebut membuat makin banyak orang mampu menjangkau harga tiket pesawat. Hal ini disampaikan dalam laporan terbaru Airport Council International (ACI) yang berbasis di Montreal . Asia Pasifik kemungkinan akan menjadi tempat dimana 3,5 miliar penumpang udara berlalu lalang pada 2036, lebih dari dua kali lipat prediksi penumpang udara di Amerika Utara dan Eropa digabungkan

Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK) di New York yang dulu terkenal sebagai salah satu yang paling sibuk dan populer di dunia penerbangan. tidak lagi berada di peringkat 20 tersibuk di dunia, tersingkir oleh makin sibuknya bandara-bandara di Asia.

Di antara mereka yang mendorong keluar JFK adalah Bandara Internasional Indira Gandhi di New Delhi yang memulai debutnya di peringkat ACI tahun lalu di No. 16. Bandara di India juga menjadi yang paling cepat berkembang dalam daftar, dengan pertumbuhan penumpang sebesar 14 persen, diikuti oleh pertumnuhan 10 persen di China Guangzhou, yang naik dua tingkat ke No. 13.

Hampir 104 juta penumpang melewati Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport pada tahun 2017, lagi-lagi menjadikannya bandara penumpang tersibuk di dunia .

Atlanta beruntung karena lokasinya sebagai hub penghubung utama dan pelabuhan udara masuk ke Amerika Utara mampu melanjutkan dominasinya di duia. Kota ini hanya 2 jam penerbangan dalam jangkauan 80% populasi Amerika Serikat lebih dari 300 juta orang.

Namun, itu bisa berubah pada tahun depan. Atlanta adalah satu-satunya bandara di 20 besar yang pertumbuhannya turun, yakni 0,26%.

Beijing Capital International makin tumbuh dan menempel ketat Hartsfield-Jackson yang telah menduduki posisi teratas selama dua dekade. Tahun ini, bandara ibukota Tiongkok ini berada di tempat kedua lagi dengan 94,4 juta penumpang (peningkatan 1,5%).

Secara keseluruhan, lalu lintas penumpang di seluruh dunia meningkat 6,6% pada tahun 2017, sementara jumlah penumpang internasional naik 8,4%.
Lalu lintas kargo di seluruh dunia, termasuk surat, naik 7,9%. Pusat kargo udara terbesar di dunia tetap di Hong Kong, Cina. Kota Memphis di AS, Tennessee, mengambil tempat kedua, diikuti oleh Shanghai, Cina.

Di Asia Tenggara, Bandara Soekarno-Hatta dan Changi Airport (Singapura) masuk di 20 besar dunia, yakni masing-masing pada peringkat 17 dan 18. Berikut adalah peringkat bandara tersibuk dunia versi ACI yang dihimpun dari 1.200 bandara di 5 benua.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Sumber : seasia.co | bloomberg.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini