3 Destinasi Domestik Favorit Milenial Tahun 2018

3 Destinasi Domestik Favorit Milenial Tahun 2018
info gambar utama

Dari tahun ke tahun, tren traveling generasi milenial terus berubah. Termasuk soal tujuan wisata yang beragam. Buktinya, 60 persen wisatawan milenial Indonesia lebih memilih destinasi domestik dibanding mancanegara.

Dwidayatour sebagai salah satu agen travel di Indonesia melakukan riset digital dari Januari-Februari 2018 tentang perilaku traveling generasi milenial usia 18-35 tahun. Dari jumlah responden 1700 warganet, terungkap tiga destinasi favorit dalam negeri dan tiga destinasi favorit luar negeri beserta alasannya.

Pantai Bawana, Sumba. Foto: TripCanvas via Ayub Ardiyono
info gambar

“Dari total keseluruhan destinasi, 60 persen responden milenial lebih memilih detinasi dalam negeri, dikarenakan masih terjangkau oleh bujet dan waktu mereka yang mayoritasnya ialah pekerja baru, juga keluarga baru,” tutur Hendriyapto, VP Commercial Dwidayatour, di sela-sela Dwidayatour Carnival, di Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Tiga destinasi luar negeri yang jadi favorit adalah Jepang, Singapura, dan Turki.

Ia juga menambahkan, pesona keindahan alam Indonesia yang tak ada duanya juga jadi salah satu alasan milenial mengutamakan destinasi dalam negeri. Keindahan alam tersebut menurutnya jadi alasan karena menghasilkan foto bagus untuk diunggah ke media sosial.

Berikut urutan destinasi favorit milenial hasil riset tersebut, seperti yang dilansir Kompas.


1. Raja Ampat

Raja Ampat. Foto: KRJogja
info gambar

Gugusan pulau eksotis dan taman laut yang menakjubkan di Raja Ampat memang tak ada habisnya untuk dieksplor. Mulai dari Pulau Arborek, Pulau Yenbubua, Pulau Waisai, dan masih banyak lagi destinasi lainnya. Selain keindahan alamnya, wisatawan milenial juga menjadikan budaya sebagai alasan mereka menjadikan Raja Ampat sebagai prioritas tujuan wisata pada 2018.

2. Labuan Bajo

Pilihan terbanyak kedua ini juga memiliki keindahan lanskap alam yang luar biasa. Tentunya Anda akrab dengan Pulau Padar, Pulau Komodo, dan Pulau Rinca bukan? Selain itu, Labuan Bajo yang merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo sangat dekat dengan berbagai spot menyelam.

3. Sumba

Sumba. Foto: National Geographic Indonesia
info gambar

Sumba adalah salah satu pulau eksotis yang jadi tujuan para wisatawan milenial. Banyak tempat indah yang belum terjamah. Di pulau yang misterius dan 'liar' di Nusat Tenggara Timur ini, wisatawan dapat menjumpai desa-desa tradisional yang dibangun di atas puncak bukit dan dilindungi oleh dinding batu bersejarah. Dihimpun TripCanvas, pilhan destinasi populernya, antara lain air terjun Waikelo Sawah, Laguna Weekuri, Desa Ratenggaro, dan Pantai Bawana.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini