Kampanye Kreatif Untuk Lingkungan Yang Lebih Baik

Kampanye Kreatif Untuk Lingkungan Yang Lebih Baik
info gambar utama

Kehidupan remaja muda Indonesia saat ini tidak bisa terlepas dari sosial media. Keterkaitan diri dengan era digital memberikan pengaruh signifikan terhadap kehidupan masyarakat. Banyak yang terpengaruh dari sisi positif, dan banyak pula yang terpengaruh dari sisi negatif. Dampak negatif tidak dapat dihindari, namun kita sebagai generasi muda yang aktif harus dapat berkontribusi untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat luas.

Melekatnya kehidupan generasi muda dengan sosial media menggelitik tim dari FIKOM Universitas Ciputra untuk mengadakan lomba PSAR (Public Service Ad Race) 2018 yang menggunakan sosial media dalam eksekusinya. Perlombaan PSAR ini merupakan lomba pembuatan video pendek, desain poster dan desain baliho iklan layanan masyarakat yang menyasar siswa-siswi SMA yang ada di Surabaya. Sebagai suatu kegiatan yang positif dan inspiratif, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Surabaya.

FIKOM Universitas Ciputra yang telah diresmikan pada Maret lalu mengharapkan kegiatan ini dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat luas terutama generasi muda Indonesia. Dengan mengusung tema “Surabaya Bebas Banjir”, peserta yang adalah siswa-siswi SMA membuat sebuah kampanye kreatif berupa video pendek, desain poster, dan desain baliho sekreatif mungkin agar dapat menarik masyarakat untuk peduli lingkungan dengan melakukan pencegahan dan penanganan banjir.

Sebagai salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat mengenai bergunanya dalam berkontribusi menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman dan asri, perlombaan PSAR ini diunggah dalam sosial media yang sangat difavoritkan generasi muda yaitu instagram. Lomba dilaksanakan dengan berbasis online sehingga memudahkan peserta yang juga harus menjalankan kegiatannya untuk bersekolah.

Dengan memanfaatkan sosial media untuk menyebarkan konten positif, masyarakat juga diajak untuk berkontribusi dalam menilai karya yang terbaik. Karya pilihan masyarakat diapresiasi dalam kategori “Most Favourite Short Video” melalui banyaknya like karena dinilai menjadi favorit pengguna sosial media. Selain itu, kategori pemenang lainnya adalah Best Short Video, 1st and 2nd Runner Up Short Video, Best Internal Short Video, Most Appreciated Poster, dan Most Appreciated Billboard Design.

Penganugerahan pemenang PSAR dilangsungkan pada 6 April 2018 di Universitas Ciputra. Seluruh peserta yang berhasil memenangkan kategori dalam perlombaan diundang untuk penyerahan hadiah secara langsung dan bersama-sama menyaksikan video karya anak bangsa karena yang telah turut serta dalam mengupayakan lingkungan yang lebih baik.

The Winner of Best Short Video

Sumber: Doc Pribadi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini