Gantikan Produk Korea Selatan, Negara di Afrika Ini Beli Kapal Buatan Indonesia

Gantikan Produk Korea Selatan, Negara di Afrika Ini Beli Kapal Buatan Indonesia

© Vidar Nordli-Mathisen / unsplash.com

Negara-negara di Afrika tampak menunjukkan banyak minat terhadap produk-produk strategis buatan Indonesia. Seperti negara Senegal yang kini berencana untuk membeli kapal tanker dan kargo seberar 18.500 ton serta berminat untuk membeli dua kapal patroli ukuran 60 meter. Sebelumnya, Senegal telah berminat untuk membeli produk pesawat dan kereta buatan Indonesia.

Sebagaimana diberitakan ANTARA (20/4) Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Doha, Dimas Prihadi menjelaskan dalam keterangan bahwa keinginan pemerintah Senegal membeli kapal tanker dari Indonesia telah dikonfirmasi oleh Direktur Utama PT. PAL Indonesia, Budiman Saleh yang menyatakan Senegal akan membeli kapal sebesar 18.500 ton.

Menurut Budiman Saleh, Senegal juga ingin membeli beberapa kapal lainnya dari PT. PAL seperti kapal VIP 50 penumpang untuk presiden, kapal feri 250 penumpang untuk transportasi antar pulau dan kapal feri cepat berkapasitas 500 dan 2.000 penumpang.

Proses pembelian kapal ini sendiri telah dilakukan sejak tahun 2017 dan ditangani oleh Conseil Senegalais des Chargeurs (COSEC) yang telah berkunjung ke PT. PAL di Surabaya. Terungkap bahwa kebutuhan kapal di Senegal sangat besar.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia di Dakart, Mansyur Pangerang menjelaskan bahwa saat ini kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang dari Dakar ke wilayah Ziguinchor adalah kapal buatan Korea Selatan.

"Kami harap Indonesia dapat segera merealisasikan kerja sama ini untuk memnuhi kebutuhan transportasi laut di Senegal karena antara Indonesia dan Senegal sudah pernah ada ikatan sejarah di bidang ini," kata Dubes Mansyur.

Ikatan yang dimaksud Dubes Mansyur adalah ketika kapal Senegalle Joola" dengan rute Dakar - Ziguinchor mengalami musibah tenggelam. Saat itu kapal harus digantikan dengan feri Wilis yang disewa dari Indonesia lewat PELNI lengkap dengan awaknya.

"Ikatan historis ini membuktikan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Indonesia untuk membina kerja sama dengan Senegal,"ujarnya.

Senegal sendiri telah beberapa kali membeli produk industri strategis buatan Indonesia seperti kereta dan gerbong buatan PT INKA. Kemudian pesawat buatan PT DI. Bila minat untuk membeli produk kapal buatan Indonesia ini terwujud, hal tersebut menunjukkan bahwa Senegal begitu memercayai produk-produk strategis buatan Indonesia.

Pilih BanggaBangga87%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi4%
Pilih TerpukauTerpukau1%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Purbalingga Bakal Punya Bandara, Jawa Tengah Bagian Barat Semakin Maju Sebelummnya

Purbalingga Bakal Punya Bandara, Jawa Tengah Bagian Barat Semakin Maju

Malang Menargetkan Jadi Destinasi Internasional Selanjutnya

Malang Menargetkan Jadi Destinasi Internasional

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.