Inilah Maskapai-maskapai Asia Tenggara dengan Inflight Wifi

Inilah Maskapai-maskapai Asia Tenggara dengan Inflight Wifi
info gambar utama

Tempat mana sih sekarang yang tidak menyediakan WiFi? Cafe, halte bus, stasiun, bandara, bahkan warung kopi yang sejatinya sederhana saja menyediakan WiFi secara gratis bagi pengunjungnya. Sayangnya, trend WiFi ini belum mencapai potensi maksimalnya, kita masih menantikan hari dimana WiFi akan menjadi fasilitas gratis di dalam penerbangan.

Meskipun banyak permohonan yang diajukan oleh penumpang kepada maskapai untuk menyediakan internet di dalam penerbangan, ketika servis tersebut tersedia nyatanya tidak selalu sesuai dengan kebutuhan para wisatawan melek teknologi.

Tapi, sekarang inflight WiFi terus menjadi lebih cepat dan murah, serta lebih gampang didapatkan bahkan di pesawat berbiaya rendah sekalipun. Menjadikan alasan tidak membalas email karena sedang dalam penerbangan tidak lagi akurat.

Banyak masyarakat Asia Tenggara yang berada di titik kebutuhan akan akses konstan terhadap WiFi sangat tinggi - bahkan saat sedang melakukan penerbangan. "Ada WiFi ga ya di pesawat nanti?" bukanlah pertanyaan yang akan kita tanyakan lagi pada era sekarang. Sayangnya, tidak seperti WiFi yang tersedia di warung kopi, WiFi di penerbangan masih terasa mewah. Khususnya terhadap maskapai di Asia Tenggara, hal tersebut masih tergolong baru.

Kabar baiknya adalah, mulai banyaknya maskapai yang memahami bahwa fasilitas WiFi dalam penerbangan sangat berpengaruh terhadap kepuasan penerbangan pelanggan. Penambahan fasilitas inflight WiFi hanyalah proses awal, tantangannya berada pada bagaimana maskapai membuatnya lebih baik, cepat, dan terjangkau. Banyak yang sudah memulai untuk menawarkan WiFi gratis dengan kecepatan rata-rata (bukan yang terbaik) bagi penumpangnya untuk dapat menggunakan internet dalam penerbangan.

Melalui Seasia.co, telah dirangkum daftar maskapai yang menawarkan inflight WiFi secara gratis di setiap penerbangannya di ribuan kaki di atas permukaan laut.

AirAsia
info gambar
  1. AirAsia (Malaysia)

Saat ini tersedia secara khusus bagi member dari BIG. Layanan WiFi roKKI mengizinkan penumpang untuk menggunakan roKKi chats untuk berkirim pesan melalui WhatsApp, WeChat, dan LINE.

Cebu Pacific
info gambar

2. Cebu Pacific Air (Filipina)

Banyak dari Airbus A320 milik Cebu Pacific Air telah dilengkapi dengan sistem WiFi yang disediakan oleh OnAir.

Citilink Indonesia
info gambar

3. Citilink (Indonesia)

Citilink, anak perusahaan Garuda Indonesia menawarkan WiFi secara gratis pada penerbangan A320nya dimulai dari kuarter ke 2 tahun 2018. Penyedia layanan: Luthfansa Technic dan Luthfansa System.

Garuda Indonesia
info gambar

4. Garuda Indonesia (Indonesia)

Pesawat jenis B777-300ER dan Airbus 330-200/300 milik Garuda Indonesia menyediakan Wifi dengan penyedia layanan oleh OnAir dan Telkom Indonesia.

Malaysia Airlines
info gambar

5. Malaysia Airlines (Malaysia)

WiFi Tersedia pada Airbus A350 yang baru. Penyedia layanan: N/A

Malindo Air
info gambar

6. Malindo Air (Malaysia)

Tersedia dalam pesawat Boeing 737-900ER dalam beberapa penerbangan saja. Penyedia layanan: Panasonic Avionics (eXConnect konektivitas broadband di dalam pesawat)

Nok Air
info gambar

7. Nok Air (Thailand)

Nok Air menawarkan WiFi gratis dalam pesawat Boeing 737-800 dan beberapa Boeing 737 classic nya. Penyedia layanan: Thaicom PLC.

Philippines Airlines
info gambar

8. Philippines Airlines (Filipina)

Tersedia dalam Boeing 777 (hanya tersedia pada rute London-Manila dan Manila-London), A330 dan A340. Penyedia layanan: OnAir

Scoot
info gambar

9. Scoot (Singapore)

Tersedia dalam Boeing 787 - Dreamliners. Penyedia layanan: GoGo

Singapore Airlines
info gambar

10. Singapore Airlines

Tersedia dalam Airbus A380, 350, dan Boeing 777-300ER. Penyedia layanan: SITAONAIR dan Panasonic

Thai Airways
info gambar

11. Thai Airways

Tersedia dalam Airbus A330-300, A380-800, adn A350-900 (khusus penerbangan jarak jauh). Penyedia layanan: Panasonic dan SITAONAIR.

Vietnam Airlines
info gambar

12. Vietnam Airlines

Tersedia dalam Boeing 787 Dreamliner dan Airbus A350. Penyedia layanan: GoGo


Sumber: Seasia.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini