Daftar Menu Buka Puasa di Bulan Ramadhan yang Bikin Kangen

Daftar Menu Buka Puasa di Bulan Ramadhan yang Bikin Kangen

Bubur candil © Shutterstock.com

Bulan Ramadhan memang jatuh setahun sekali. Namun kehadirannya selalu dinantikan, khususnya para umat muslim Indonesia. Selain kegiatan spiritual, hal lain yang selalu dikangenin dari bulan Ramadhan yakni menu buka puasanya. Hayoo, pasti kamu juga tidak sabar menanti-nanti kudapan lezat yang selalu disajikan di bulan ini kan?

Ada banyak sekali menu buka puasa yang amat menggugah selera. Kamu bisa mendapatkannya secara mudah di penjual pinggir jalan atau masak sendiri di rumah. Untuk menyambut bulan Ramadhan 2018 mendatang, berikut daftar menu buka puasa yang pasti sudah kamu tunggu-tunggu kehadirannya!

Kolak Pisang

Kolak pisang adalah makanan khas Ramadhan yang wajib dihidangkan saat buka puasa. Kudapan ini memiliki cita rasa yang khas karena rasa manisnya yang berasal dari gula merah. Rasa manis ini terasa seimbang dengan gurihnya santan kelapa dan sedikit asam dari buah pisang. Kolak ini akan terasa lebih mantap bila ditambahi kolang-kaling, ubi kayu, dan juga mutiara warna-warni. Sedap!

Bubur Candil

Bubur candil merupakan salah satu hidangan tradisional yang populer untuk berbuka puasa. Hidangan manis yang kaya akan gula dan karbohidrat ini sangat baik untuk mengembalikan stamina tubuh. Bubur candil berisi ubi jalar dan tepung tapioka yang dibentuk-bentuk seperti kelereng yang kemudian ditambah saus santan yang lezat. Satu mangkuk kecil bubur candil amat cukup untuk mengisi perut Anda yang kosong.

Aneka Gorengan

Agaknya gorengan adalah makanan berbuka puasa yang paling favorit oleh hampir semua orang Indonesia. Aneka jenis gorengan seperti bakwan jagung, pisang goreng, tempe mendoan, hingga tahu isi yang renyah dianggap sempurna untuk mengembalikan selera makan setelah berpuasa seharian. Apalagi bila gorengan ini disantap dengan teh manis hangat bersama keluarga. Duh nikmatnya…

Es Buah Segar

Es buah segar juga menjadi takjil favorit orang Indonesia saat berbuka puasa. Takjil yang satu ini memang sangat mudah ditemukan di bulan Ramadhan. Campuran buah-buahan segar, sirup cocopandan, susu, dan es batu ini memang dapat memberikan kesegaran saat berbuka. Buah, sirup, dan susu memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga dapat mengembalikan kadar gula darah dengan cepat.

Es Pisang Ijo

Selain kolak dan es buah, terdapat juga varian es lain yang tidak kalah enak untuk berbuka puasa. Apalagi kalau bukan es pisang ijo. Kuliner asal Makasar ini memang memiliki cita rasa yang lezat, unik, dan juga ngangenin. Meski sama-sama menggunakan bahan pisang dan santan, namun kudapan yang satu ini memiliki ciri khas pisang Raja yang dibalut dengan tepung beras dan tepung terigu yang diberi pewarna hijau pandan yang khas. Jangan lupa menambahkan vla di atas hidangan untuk menambah kenikmatan.

Kurma

Tidak bisa dipungkiri bahwa kurma adalah buah favorit untuk disantap saat berbuka puasa. Selain memiliki kandungan kalori dan gula yang mampu mengembalikan stamina tubuh dengan cepat, kurma juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh.

Kue Basah Jajanan Pasar

Aneka jajanan tradisional seperti kue-kue basah juga amat diminati oleh orang Indonesia. Kalau biasanya kamu harus pagi-pagi ke pasar untuk membeli kue-kue ini, di bulan Ramadhan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah saat ngabuburit. Mulai dari kue nagasari, risoles, kue lumpur, bolu kukus, pastel, putu ayu, lupis, klepon, dan lain-lain.

Nah, siapa yang tidak sabar menyantap makanan ini saat berbuka puasa?

Sumber: iPrice Trend

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Istri Almarhum Gus Dur masuk 100 Orang Paling Berpengaruh TIME Magazine Sebelummnya

Istri Almarhum Gus Dur masuk 100 Orang Paling Berpengaruh TIME Magazine

Batik dan Blangkon Warnai Indonesia Open 2019 Selanjutnya

Batik dan Blangkon Warnai Indonesia Open 2019

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.