Alasan Yang Tepat Kenapa Tinggal Di Desa Tidaklah Buruk

Alasan Yang Tepat Kenapa Tinggal Di Desa Tidaklah Buruk
info gambar utama

Apa Kabar?

Bagaimana kota hari ini?

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

credit: www.aisprophotography.com

Kehidupan kota yang terkenal dinamis dan akrab dengan keramaian urban yang menyenangkan ternyata tidak selalu menjadi faktor yang mampu menenangkan batin setiap masyarakat, malah perkembangan urban yang melaju cepat menambah permasalahan yang saban hari semakin kompleks saja. Masih ada yang beranggapan kalau pindah ke kota mampu memperbaiki kualitas hidup ketimbang hidup di sebuah desa kecil. Nyatanya, pindah ke kota besar yang sibuk dan tidak diimbangi dengan kemampuan yang dikuasai malah menambah kesulitan, boro-boro mendapatkan kualitas hidup lebih baik.

Masih ada saja masyarakat yang berandai-andai hidup dikota dengan segala fasilitas yang mumpuni mampu membuat dia hidup layak dan menjauhi kegiatan adu otot dengan lumpur dan tanah, padahal tidak semudah itu kenyataannya.

Berita Terkini

Hidup di pedesaan sebenarnya bisa menjadi lebih menyenangkan dan lebih berkualitas jika diiringi dengan pemikiran positif dan kegiatan yang tidak monoton, bukan berarti menjauhi perkotaan dan atau membandingan antara keduanya, hanya saja tidak selamanya perkotaan bisa membuatmu lebih nyaman dan benar-benar hidup.

Kenapa tinggal di desa tidaklah buruk? beberapa yang bisa saya jabarkan mungkin seperti ini.

Biaya hidup lebih murah

little forest

Kebutuhan akan sandang, pangan dan papan masyarakat seringkali dipengaruhi oleh gaya hidup sosial disekitarnya. Jika diperkotaan biaya akan kebutuhan hidup cenderung lebih mahal, maka di pedesaan biaya hidup akan jauh lebih murah. Hal tersebut dikarenakan segala kebutuhan di kota tidak lagi tersedia di lingkungan secara gratis (misalnya air, sayuran, lauk dan sebagainya) belum lagi ditambah gaya hidup akan sandang dan papan yang cenderung hedonis. Sedangkan di desa masih banyak kebutuhan pokok yang mudah didapatkan disekitar rumah. Selain itu, gaya hidup masyarakat yang sederhana membuat biaya hidup lebih mudah dan juga murah. Sehingga meskipun hidup dengan penghasilan yang pas-pasan, orang desa bisa hidup tenang dan juga tentram.

Peluang hidup lebih mudah

littleforest

Dengan adanya fasilitas hidup yang bisa diambil dari alam, peluang untuk bertahan hidup di pedesaan jauh lebih tinggi daripada diperkotaan. Semua yang kita butuhkan untuk bertahan hidup mulai dari bahan makanan, tempat tinggal dan juga air dapat dengan mudah ditemukan asalkan mau hidup sederhana. Dengan adanya fasilitas alami tersebut, asalkan kita tidak memiliki gengsi yang tinggi dan mau belajar, pasti kita bisa mendapat kehidupan yang layak di pedesaan.

Lebih banyak yang bisa dilakukan

littleforest

Segala hal yang kita butuhkan banyak tersedia di alam sekitar kita. Jika kita mencoba berfikir kreatif, pasti akan ada banyak sekali hal yang bisa kita buat untuk dijadikan sumber mata pencaharian. Terlebih lagi ketika kita hidup di desa, tersedia banyak hal yang tidak digunakan seperti sampah organik, anorganik ataupun lahan kosong yang bisa digunakan untuk berkreasi. Saat ini banyak sekali inovasi yang mungkin bisa ditiru untuk meningkatkan taraf hidup warga desa. Asalkan kita bisa berfikir kreatif dan mau berusaha, segala hal yan tidak dipergunakan pasti akan bermanfaat untuk sesama. berita terkini

Gaya hidup yang lebih sehat

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Udara yang segar serta kondisi alam yang asri, membuat kualitas lingkungan hidup di desa menjadi lebih sehat. Aktifitas warga desa dalam mencari nafkah yang membutuhkan usaha fisik yang berat, membuat tubuh mereka harus terus bergerak dan mengeluarkan peluh yang berguna untuk detoksifikasi tubuh terhadap racun yang mengendap. Selain itu banyaknya makanan organik yang tersedia dari alam, akan sangat bermanfaat pada daya tahan tubuh terhadap segala penyakit yang datang dari luar. Ketika tubuh bekerja dibawah sinar matahari langsung dan ditunjang kualitas udara yang bagus serta asupan nutrisi yang seimbang, maka secara alami sel dalam tubuh akan cepat beregenerasi sekaligus menguatkan sistem imun tubuh masyarakat pedesaan. Oleh karenanya tidak heran jikalau banyak kita jumpai orang desa yang memiliki umur panjang dan tetap kuat walaupun di usia tua mereka.

Lebih banyak saudara

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Jiwa solidaritas dan juga kepedulian sosial terhadap sesama lebih dimiliki oleh warga desa. Hal tersebut dikarenakan norma-norma sosial lebih bisa diterapkan, sehingga membuat warganya selalu guyup rukun untuk membantu sesama. Jika rasa peduli sudah dimiliki dan semangat gotong-royong sudah terpatri, maka setiap warga akan merasa seperti saudara sendiri. Hal itu bisa diihat ketika ada seorang warga desa yang sedang punya hajat, dengan sendirinya warga lain akan ikut membantu pelaksanaan hajat tersebut sampai selesai dengan tertib dan tenang.

Secara psikologis lebih menenangkan

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Kesederhanaan hidup, ketersediaan fasilitas alami dan juga norma sosial yang masih berjalan optimal membuat hidup di pedesaan menjadi sangat nyaman. Kondisi alam yang asri dan juga pergaulan yang ramah membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih tenang dan lebih tentram. Dengan kondisi psikologis tersebut, tak heran kiranya jika warga yang hidup di pedesaan secara kualitas memiliki hidup yang lebih baik daripada warga perkotaan. Bahkan seringkali kita jumpai orang kota yang memilih liburan ke desa sekedar untuk melepas penat dan juga stress akibat kesibukan sehari-hari hidup di perkotaan.

Jadi, bagaimana? tinggal di desa tidak seburuk itu kan?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini