Kereta Cepat Mirip Shinkansen akan Dibuat di Madiun?

Kereta Cepat Mirip Shinkansen akan Dibuat di Madiun?
info gambar utama

Dunia perkeretaapian Indonesia terus berkembang. Perbaikan di sana-sini sudah di mulai sejak 1 dekade lalu dan kini sudah memperlihatkan hasilnya. Jadwal keberangkatan dan kedatangan yang tepat waktu, stasiun-stasiun yang makin rapi dan teratur, penggunaan teknologi untuk ticketing, pun pelayanan pelanggan yang makin baik.

Tak hanya itu, dari sisi fisik, kereta-kereta juga terus diperbaiki dan nyaman dinaiki. Bahkan kelas ekonomi yang dulunya tak dimininate karena ketidaknyamannya, kini berganti dan bertransformasi menjadi kereta baru yang mirip kereta-kereta di luar negeri yang nyaman dan manis.

Dari sisi industri, PT INKA juga sepertinya makin percaya diri membangun kereta-kereta nasional yang dapat diandalkan. Kereta LRT Palembang pun diproduksi oleh perusahaan yang berbasis di Madiun (Jawa Timur) tersebut.

Ada kabar terbaru yang sebenarnya cukup mengejutkan. Dilansir dari Detik.com, PT INKA akan membuat kereta api serupa kereta api cepat Shinkansen. Adapun dengan desain aerodinamis itu, moncong kereta akan dibuat serupa dengan pesawat terbang.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan pihaknya secara perlahan mulai mencoba mengubah model kereta api lokal yang aerodinamis. Nantinya, kereta api lokal bakal mirip dengan kereta Shinkansen milik Jepang.

Lebih lanjut Edi mengatakan bahwa pihaknya juga telah meminta kepada PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk bisa membantu INKA dalam mendesain lokomotif kereta. Hal itu agar, desain kereta bisa menyerupai pesawat.

Shinkansen | Thisisnetsu
info gambar

Edi juga mengatakan bahwa kereta ini nantinya bakal mirip dengan Shinkansen milik Jepang. Bedanya, kereta ini memiliki ukuran yang lebih pendek dari Shinkansen. Tak hanya itu, dengan desain yang aerodinamis ini kereta nantinya dapat melaju dengan kecepatan hingga 160 kilometer (km)/jam. Kecepatan itu menyerupai kereta semi cepat Jakarta-Surabaya yang saat ini sedang dikaji pemerintah.

Menurutnya, nanti kereta 'Shinkansen' ini akan melayani rute-rute jarak jauh, salah satunya adalah Jakarta-Surabaya. Selain mengganti lokomotif, KAI juga mulai melengkapi tiap gerbong dengan colokan listrik dan jaringan wi-fi.

Source : Finance.detik.com | CNBCIndonesia.com

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini