Kawan GNFI pastinya sudah lama menanti-nanti lanjutan film Avengers di tahun ini, tak heran jika sebagian besar tiket yang dijual di berbagai jaringan bioskop se-Indonesia laris terjual. Tapi tahukan kawan, kabarnya ada dua anak bangsa yang ikut terlibat dalam proses penggarapan film Marvel terbaru - Avengers: Infinity War - ini?

Dua anak bangsa tersebut adalah Ronny Gani dan Renald Taurusdi. Mereka memiliki peran yang vital dalam pembuatan animasi di film ini, Ronny sendiri berperan sebagai senior animator, sedangkan Renald berperan sebagai creature technical director.

Ronny Gani (sumber : VOA Indonesia)
Ronny Gani (sumber : VOA Indonesia)

"Dalam konteks yang lebih besar kami adalah visual effects untuk film making, dalam kasus ini untuk Avengers: Infinity War. Film maker datang ke kami dan kami menyediakan jasa membuatkan visual effects seperti explotion, character animation, simulation, dan segala macam," tutur Ronny yang dikutip pada Tribunnews.com

Renald Taurusdi (sumber : Detik)
Renald Taurusdi (sumber : Detik)

Ronny memiliki tugas membuat karakter-karakter superhero di Avengers lebih terlihat hidup, Contohnya Hulk - si raksasa berbadan hijau - dibuat oleh komputer. Meskipun telah mengalami berbagai editan digital, Hulk masih belum terlihat hidup. Di sinilah peran Ronny untuk membuatnya lebih terlihat nyata. Setelah Ronny dan timnya selesai, Renald beserta timnya yang mengurusi bagian simulasi terhadap kostum, otot hingga rambut para karakter.

Pengalaman Karir Mereka

Ronny Gani adalah alumni Teknik Arsitektus Universitas Indonesia angkatan 2001. Pada saat semester akhir, Ronny sadar bahwa potensi yang ia miliki bukan di bidang arsitektur dan kemudian mengejar passionnya  di bidang seni. Ia juga sebagai founder dari Bengkel Animasi, sebuah lembaga pendidikan online yang mempelajari tentang animasi karakter. Ronny mengawali karirnya sebagai Character Animator di Infinite Frameworks Studios pada tahun 2006, ia terhitung sudah 12 tahun menggeluti dunia animasi. Waktu yang tidak sedikit dan membuktikan jam terbangnya yang tinggi. Ia pernah bekerja di berbagai film Hollywood papan atas seperti Pacific Rim, Ant-Man, dan lain-lain. Saat ini Ronny adalah salah satu animator senior di Industrial Light & Magic, sebuah anak perusahaan dari Lucas Animation.

Berbeda dengan Ronny, Renald Taurusdi memiliki gelar Bachelor of Fine Arts dalam bidang Animasi Digital dari Nanyang Technological University di Singapura. Ia menempuh pendidikan di sana sejak 2006 sampai 2010. Setelah lulus, Renald langsung terjun dan mengasah kemampuannya dalam bidang animasi. Sayangnya, Renald tak mendapat kredit di beberapa film pertama yang ia bantu kerjakan. Namun, sekarang ia sudah menjabat sebagai Creature Technical Director di Industrial Light & Magic, Singapura. Tak jauh berbeda dengan Ronny Gani, Renald juga sudah berkiprah dalam sejumlah film Hollywood papan atas. Mulai dari Jurassic World (2015), Warcraft (2016), Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows (2016), Star Wars : The Last Jedi (2017), Kong : Skull Island (2017), sampai Ready Player One (2018) dan masih banyak lagi.

Sumber : TribunNews, Detik.com, VOA Indonesia, IDN Times

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu