Bisa Produktif di Masa Muda

Bisa Produktif di Masa Muda

Youth © Elijah M. Henderson on Unsplash

Siapa yang tidak mau sukses sebelum usia 30 tahun? Tidak ada. Tentunya semua orang ingin sukses dalam hidupnya, apalagi kalau sebelum usia 30 tahun sudah bisa merasakan kebebasan finansial. Manusia sebenarnya memiliki dua kombinasi modal yang bagus untuk mencapai kesuksesan, yaitu tidak pernah puas dan masa muda. Tapi namanya juga masa muda, berarti akan ada masa dimana sudah tidak muda lagi atau dengan kata lain modal yang satu ini memiliki jangka waktu.

Bicara soal masa muda, tentu tidak ada yang salah jika masa ini disebut-sebut sebagai masa yang paling menyenangkan. Yang salah adalah ketika beranggapan bahwa masa menyenangkan tersebut hanya digunakan untuk hal-hal menyenangkan yang mungkin kurang bermanfaat untuk masa depan. Bermain, berkumpul dengan teman-teman, ketawa haha-hihi dengan kawan sebaya memang tidak dilarang, tetapi alangkah lebih baik jika masa menyenangkan ini juga diisi sesuatu yang serius untuk hidup kedepan.

Dengan kondisi yang masih prima, pikiran yang masih segar, serta tingkat kepuasan yang tidak pernah habis, masa muda sangat mungkin membuat seseorang untuk produktif. Apalagi yang hidup di zaman sekarang, dimana aktivitas sudah banyak dimudahkan dengan canggihnya teknologi yang berkembang terus. Sosial media dan internet adalah teknologi yang sangat dekat dengan remaja. Keduanya hampir tidak pernah absen dalam keseharian remaja. Kebiasaan ini pastinya bisa menjadi alat yang bagus untuk memaksimalkan masa muda sekaligus memuaskan diri.

Mencari apapun dengan internet

Salah satu sifat manusia yang merupakan modal baik untuk kesuksesan adalah tidak pernah puas. Dalam hal ini, sifat ini sebaiknya diarahkan atau difokuskan ke kondisi tidak pernah puas dalam mencari ilmu yang salah satunya bisa untuk mendalami hobi atau aktivitas yang sedang dilakukan.

Mempelajari dasar-dasar fotografi pastinya menjadi keinginan semua yang bercita-cita sebagai fotografer. Dengan bantuan internet, tentu bisa mendapatkan ilmu tersebut bahkan sampai teknik-teknik fotografi selanjutnya yang lebih tinggi. Tapi selain mempelajari, penting juga untuk mempraktikkannya langsung sekaligus untuk melatih kemampuan. Selain mendalami hobi, internet juga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas sehari-hari. Misalnya sebagai seorang pelajar biasa, mereka juga bisa memanfaatkan internet selain untuk membantu menjawab tugas-tugas sekolah. Pelajar bisa mencari lebih dalam asal mula rumus yang digunakan untuk menjawab soal atau mencari kaitan tugas tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Namun semuanya ini tidak mungkin terlaksana jika tingkat kepuasan rendah. Jika sudah ahli pada dasar-dasar fotografi atau bisa menyelesaikan soal dengan rumus yang ada sudah bisa membuat puas, maka kemauan untuk eksplorasi lebih juga akan berhenti. Oleh karena itu, menjadi manusia yang tidak pernah puas dalam hal yang positif itu penting sekali. Apalagi bila masih muda dimana waktu belajar masih sangat banyak dibandingkan mereka yang sudah berfokus untuk menghidupi keluarga.

Berkarya di sosial media

Berkarya saat masih muda, apa salahnya? Justru menjadi awal yang bagus dalam meniti karir karena seperti kata Dahlan Iskan, “Setiap orang punya jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika masih muda.” Karena remaja saat ini lebih suka bermain sosial media, maka sosial media juga bisa menjadi alat untuk berkarya atau setidaknya menampilkan hasil karya.

Daripada memperbanyak swafoto di Instagram, lebih baik menampilkan hasil percobaan fotografi, hasil kerajinan tangan atau percobaan resep masakan baru. Bisa juga mempelajari komposisi foto yang bagus dari akun-akun fotografer profesional agar swafoto lebih menarik dan bisa mengundang merek-merek untuk bekerja sama. Daripada sekadar menonton vlog dari orang lain, lebih baik mencoba membuat video sendiri dan diunggah untuk melihat respon penonton terhadap video yang kita buat. Bisa jadi, banyak yang suka dan ini menjadi peluang yang bagus untuk menghasilkan uang lewat video tersebut. Jadi sosial media ini bukan hanya wadah untuk ajang pamer dan adu eksistensi, melainkan bisa dijadikan media untuk menyalurkan hasil karya atau bahkan tempat mencari penghasilan.

Nah, selagi masih muda, mari mengisi masa yang menyenangkan ini dengan kegiatan positif dan berpotensi memberi kehidupan yang baik di masa mendatang. Untuk mendapatkan hal yang lebih baik, terkadang hal baik pun perlu dikorbankan. Salah satunya mengurangi kegiatan yang hanya untuk bersenang-senang dan memuaskan pribadi sesaat.

Sumber:

Pilih BanggaBangga10%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang15%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi75%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bersantai Ditemani Hijaunya Alam Telaga Warna Bogor Sebelummnya

Bersantai Ditemani Hijaunya Alam Telaga Warna Bogor

Rayakan Hari Pangan Sedunia, Kraft Heinz Ajak Masyarakat Jadi #PejuangNutrisi Selanjutnya

Rayakan Hari Pangan Sedunia, Kraft Heinz Ajak Masyarakat Jadi #PejuangNutrisi

Delina Rahayu Effendi
@delinaare

Delina Rahayu Effendi

Surabaya, 1995 | Suka nonton film | ISFP | Suka menulis dan punya blog pribadi di delinarahayu.wordpress.com (Ayo mampir! ^^)

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.